Sukses

Jebol Pagar, Wanita dan Lansia Terinjak-injak

Pembagian dana kompensasi kenaikan BBM bagi warga miskin di sejumlah daerah diwarnai serangkaian insiden memilukan.

Indosiar.com, Demak (Rabu : 26/11/2014) Pembagian dana kompensasi kenaikan BBM bagi warga miskin di sejumlah daerah diwarnai serangkaian insiden memilukan. Di Demak Jawa Tengah, sejumlah ibu dan lansia terinjak-injak hingga pingsan saat berebut mendapatkan dana sebesar 400 ribu rupiah tersebut. Kondisi serupa juga terjadi di Tangerang, Banten.

Jika saja warga sabar mengantri pembagian dana kompensasi kenaikan BBM, maka kejadian seperti di kantor pos Demak, Jawa Tengah ini, tidak perlu terjadi. Akibatnya sejumlah ibu dan lansia terinjak-injak begitu pagar kantor pos dirobohkan. aparat pun tidak bisa berbuat banyak karena jumlah warga membludak. Akibat insiden ini sejumlah ibu termasuk yang tengah hamil muda ini jatuh pingsan sehingga harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Dana kompensasi atau disebut Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sebesar 400 ribu ini memang diburu warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat kenaikan harga BBM. Namun tetap saja ada warga yang mengeluh dengan besaran dana kompensasi ini.

Di kantor pos ini tercatat ada 6 ribu lebih warga yang menerima dana PSKS. Untuk Demak sendiri total keseluruhanya mencapai 98 ribu kk lebih dengan total dana mencapai 39 milyar rupiah.

Pemandangan yang nyaris sama terjadi di kantor pos Jurumudi, Kota Tangerang Banten. Di sini, ratusan warga juga berdesak-desakan utnuk mendapatkan dana kompensasi. Bahkan sebagian sampai jatuh pingsan. Pihak PT Pos memang sepertinya kurang sigap dengan membludaknya warga.