Sukses

Siri Akan Mendukung Perintah Pencarian Foto?

Kemungkinan besar nantinya Siri yang ada pada perangkat iOS dapat digunakan untuk melakukan pencarian dan menandai (tag) foto milik pengguna

Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, CEO Apple Tim Cook telah mengungkapkan bahwa perusahaannya memiliki sejumlah rencana besar yang akan diterapkan di tahun 2014 mendatang.

Dan ternyata apa yang diungkapkan Tim Cook bukanlah omong kosong belaka. Sebagai bukti, di penghujung tahun 2013 ini Apple sudah mulai rajin mendaftarkan beberapa paten teknologi baru miliknya.

Setelah berhasil mengantongi paten penggunaan layar lengkung dan safir (sapphire display), perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu dilaporkan baru saja mendaftarkan sebuah paten baru pada lembaga paten United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Berdasarkan yang dilansir laman MacRumors, Jumat (27/12/2013), Apple mendaftarkan paten bertajuk "Voice-based Image Tagging and Searching". Paten ini sendiri meliputi sistem aplikasi atau program yang memungkinkan pengguna mencari atau pun menandai (tag) gambar digital dengan berbagai konten seperti nama orang, lokasi, atau kegiatan yang ada dalam foto melalui fitur navigasi perintah suara.

Dengan kata lain, kemungkinan besar nantinya fitur asisten pribadi berbasis navigasi suara Siri yang ada pada perangkat iOS dapat digunakan untuk melakukan pencarian dan menandai (tag) foto milik pengguna.

Sebagai contoh, setelah pengguna mengambil sebuah foto, pengguna dapat berbicara pada Siri dan mendeskripsikan kegiatan apa yang ada di dalam foto. Setelah itu, secara otomatis Siri akan menandai foto itu dan pengguna pun dapat menemukan foto tersebut hanya dengan menyebutkan kata kunci yang dipilih.

Tujuan dari paten ini sendiri, menurut pihak Apple, untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian dan mengklasifikasi foto yang tersimpan pada media penyimpanan perangkat.

Jumlah foto digital yang semakin banyak tersimpan di sebuah perangkat mobile memunculkan kebutuhan pengguna akan sebuah teknologi yang dapat menyederhanakan sistem penyimpanan yang lebih sistematis. Dengan teknologi ini, pengguna dapat melakukan pencarian foto dengan lebih terorganisir dan sederhana. (dhi)


Baca juga:
Google Now Lebih Bagus Ketimbang Apple Siri?
Tim Cook Ungkap Rencana Besar Apple Tahun 2014
Setelah Layar Lengkung, Apple Kantongi Paten Layar Safir




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.