Sukses

Samsung Kuasai Pasar Smartphone, LG dan Lenovo Membuat Kejutan

Samsung kembali pecundangi Apple. LG membuat kejutan dengan menyusup di peringkat tiga. Lenovo pun mulai memperlihatkan tajinya di mobile.

Pasar smartphone terlihat semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data yang dilansir lembaga riset IDC, pengapalan smartphone secara global di kuartal kedua 2013 mencapai 237,9 juta unit. Angka yang didapat ini naik dibandingkan kuartal sama tahun lalu yang sebesar 156,2 juta unit.

"Pasar smartphone masih meningkat pesat dengan angka pengapalan yang naik," kata Kevin Restivo, Analis Riset Senior IDC, seperti dikutip di situs IDC yang Liputan6.com kutip Jumat (26/7/2013).

"Meskipun Samsung dan Apple merupakan pemain dominan, pasar masih terbagi seperti sebelumnya. Ada sejumlah kesempatan untuk vendor smartphone untuk menawarkan diferensiasinya," lanjut Restivo.

Samsung memang masih mendominasi pasar smartphone. Perusahaan asal Korea Selatan ini tercatat mengapalkan 72,4 juta unit smartphone. Angka ini setara dengan 30,4 persen di pangsa pasar. Raihan Samsung ini naik dibanding kuartal sama tahun lalu yang hanya sebesar 50,3 juta unit. Tapi penguasaan pasar ini turun, sebab tahun lalu Samsung menguasai 32,2 persen.   

Sedangkan Apple tercatat mengapalkan 31,2 juta unit iPhone, naik dari 26 juta unit di kuartal yang sama tahun lalu. Apple hanya menguasai 13,1 persen pangsa pasar, turun daru 16,6 persen di periode yang sama tahun lalu.

Kejutan justru berada di peringkat tiga hingga lima. Peringkat ketiga kini dikuasai LG, yang mengapalkan 12,1 juta unit smartphone, naik dari 5,8 juta unit secara year-on-year. LG kini menguasai 5,1 persen pangsa pasar, naik dari 3,7 persen di tahun lalu.

Vendor China Lenovo juga memperlihatkan kemajuan signifikan dengan menempati peringkat empat. Lenovo tercatat mengapalkan 11,3 juta unit smartphone atau 4,7 persen dari pangsa pasar. Angka yang didapat Lenovo naik signifikan dari pengapalan 4,9 juta unit di tahun lalu atau hanya 3,1 persen dari pangsa pasar.

Peringkat lima ditempati ZTE, yang mengapalkan 10,1 juta unit smartphone atau 4,2 persen dari pangsa pasar. Untuk angka pengapalan, ZTE naik signifikan dibanding tahun lalu yang hanya sebesar 6,4 juta unit. Sedangkan penguasaan pangsa pasar hanya naik tipis dari 4,1 persen di tahun lalu.(gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini