Sukses

Ongkos Perakitan Galaxy S9 Plus Ternyata Lebih Murah dari iPhone X

Meski harganya di pasaran berbeda jauh, ternyata ongkos pembuatan Galaxy S9 Plus dan iPhone X tidak berbeda jauh. Berikut rinciannya.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru merilis flagship smartphone mereka, Galaxy S9 Plus . Salah satu fitur andalannya adalah AR Emoji, sebuah emoji bergerak yang didasarkan gerakan wajah penggunanya.

Dengan segala kecanggihan fitur yang ditawarkan, Galaxy S9 Plus santer disebut-sebut sebagai pesaing dari iPhone X, walaupun harga jual smartphone Apple itu jauh lebih mahal.

Meski Galaxy S9 Plus lebih murah, ternyata dari segi ongkos perakitan dua smartphone tersebut tidak berbeda jauh, yakni hanya selisih US$ 10 (Rp 137 ribu).

Dilansir dari Tech Insights, Selasa (20/3/2018), biaya perakitan Galaxy S9 Plus adalah US$ 379 (Rp 5,2 juta) dan ongkos pembuatan iPhone hanya berkisar X US$ 389 (Rp 5,3 juta). 

Jika dilihat dari angka tersebut, Samsung tentu mendapatkan untung di atas 50 persen dari penjualan Galaxy S9 Plus, dan Apple akan mendapat untung lebih besar lagi dari penjualan iPhone X.

Harga iPhone X sendiri ada di kisaran Rp 17-24 juta, sementara Galaxy S9 Plus masih di kisaran Rp 12-14 juta rupiah.

Lantas apa saja yang paling mahal dari kedua smartphone tersebut? Berikut rinciannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang Membuat Mahal?

Pertama, iPhone X mengeluarkan ongkos sebesar US$ 52 (Rp 700 ribuan) untuk applications processor, dan US$ 12,5 (Rp 160 ribuan) untuk baseband procesor.

Galaxy S9 Plus menghabiskan biaya US$ 68 (Rp 930 ribuan) untuk biaya applications dan baseband processors.

Untuk baterai, Galaxy S9 Plus mengeluarkan US$ 5,5 (Rp 75 ribu), dan iPhone X mengeluarkan biaya US$ 6,5 (Rp 89 ribu).

Yang paling mahal dari keduanya adalah biaya display atau layar sentuh. Galaxy S9 Plus menghabiskan US$ 72 (Rp 990 ribu) dan iPhone X mengeluarkan Rp 68 ribu lebih mahal untuk hal yang sama.

 

3 dari 3 halaman

Kamera yang Lebih Mahal

Bila dari segil display iPhone X menjadi pemenang dari segi harga, ternyata dari segi kamera Galaxy S9 Plus lebih unggul.

Kamera di Galaxy 9 Plus menggelontorkan dana sebesar US$ 48 (Rp 660 ribu) untuk kamera, iPhone X menghabiskan US$ 43 (Rp 591 ribu).

Galaxy S9 Plus memang mengunggulkan fitur kamera, ia hadir dengan kamera ganda 12MP. Kedua lensa Galaxy S9 Plus berjenis telephoto dan wide-angle sehingga bisa menghasilkan foto berlatar bokeh atau depth live focus.

Keunggulan kamera Samsung yang ketiga adalah adalah kemampuan augmented reality (AR) pada kamera yang direalisasikan menjadi AR Emoji.

Dengan AR Emoji, pengguna bisa menjadikan fotonya menjadi emoji dalam bentuk animasi GIF. Emoji-emoji ini pun bisa dikirim ke pesan instan.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.