Sukses

Alibaba Ingin Gembleng Orang Indonesia Mahir di Bidang Cloud

Selain membangun data center, Alibaba Cloud juga berkeinginan melatih orang Indonesia untuk bisa piawai dalam bidang komputasi awan.

Liputan6.com, Jakarta - Grup Alibaba melalui Alibaba Cloud resmi meluncurkan data center di Indonesia pada hari ini, Kamis (15/3/2018).

Tujuannya sendiri menunjang daya saing startup dan UKM lokal, dan memenuhi kewajiban untuk menyimpan dan mengolah data di dalam negeri.

Tak hanya sekadar menyediakan platform, Alibaba juga mengungkapkan keinginannya untuk melatih orang Indonesia menjadi ahli di bidang komputasi awan alias cloud.

Melalui rencana tersebut, Alibaba berniat membawa Alibaba Cloud Certified Professional (profesional Alibaba Cloud bersertifikat) untuk memberi latihan pada 300 peserta, sekaligus memberikan sertifikasi kepada 100 orang ahli di bidang cloud Indonesia.

"Dengan menyediakan rangkaian solusi cloud terbaru dan menggabungkannya dengan keahlian, kami dapat membantu UKM, pemerintah, dan perusahaan di Indonesia untuk mengintegrasi teknologi cloud dalam kebutuhan sehari-hari," ucap Raymond Ha, Head of Alibaba Cloud ASEAN & ANZ di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Program itu juga ditargetkan agar memberikan pengetahuan pada pengusaha dan talent lokal mengenai cloud, big data, dan keamanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data Center Alibaba Cloud

Alibaba Cloud berharap, data center pertama mereka di Indonesia tersebut bisa menciptakan akses data yang lebih baik, sekaligus memenuhi kewajiban menyimpan dan mengolah data di dalam negeri.

Salah satu dasar Alibaba dalam menyediakan layanan cloud di Indonesia adalah pemahaman mereka tentang kondisi di negeri ini.

"Sebagai satu-satunya penyedia layanan cloud global yang berasal dari Asia, Alibaba Cloud memiliki posisi yang unik dalam pemahaman budaya dan konteks di wilayah ini, sehingga kami dapat menyediakan solusi data intelligence dan kemampuan komputerisasi yang inovatif bagi semua pelanggan di wilayah ini," ujar Alex Li, General Manager of Asia Pacific Alibaba Cloud di Jakarta.

Alibaba Cloud memang berkomitmen untuk mendukung pembentukan 1.000 startup pada tahun 2020. Khusus bagi para pelaku startup dan UKM, Alibaba menawarkan akses layanan cloud yang terjangkau.

Di antara layanan yang ditawarkan adalah elastic computing, layanan database, jaringan, keamanan, middleware untuk analisis dan big data.

Dengan Alibaba Cloud, pengguna juga dapat memperluas jangkauan operasional mereka di kancah internasional dan bersaing di pasar global melalui jaringan global dari platform ini.

3 dari 3 halaman

Sudah Hadir di 18 Pusat Ekonomi Dunia

Alibaba Cloud telah memiliki lebih dari 42 zona data center di 18 pusat ekonomi dunia.

Lokasi-lokasinya berada di Tiongkok, Hong Kong, Singapura, Malaysia, India, Jepang, Australia, kawasan Timur Tengah, Amerika Serikat, dan juga Indonesia.

Untuk kawasan Timur Tengah, Alibaba Cloud juga mengadakan kerja sama dengan Universitas Sains dan Teknologi Khalifa di Abu Dhabi pada Desember 2017

Kerja sama itu dilakukan untuk mengidentifikasi potensi penggunaan big data, Internet of Things (IoT), robotika, dan komputasi cloud.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.