Sukses

Smartphone BlackBerry dengan Desain Bezeless Muncul di Internet

Kabarnya, smartphone BlackBerry dengan desain bezeless ini akan hadir untuk pasar India dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun lalu, BlackBerry memutuskan untuk tak lagi menggarap perangkat kerasnya secara langsung. Perusahaan asal Kanada itu kini memilih untuk memberikan lisensi produk BlackBerry pada manufaktur lain yang sudah menjalin kerja sama.

Terbaru, smartphone BlackBerry anyar yang akan hadir disebut-sebut berasal dari rekanan asal India, Optiemus. Informasi ini diungkap oleh Evan Blass, seorang yang kerap membocorkan informasi smartphone anyar melalui akun Twitter-nya. 

Berdasarkan unggahan Evan Blass, smartphone anyar BlackBerry ini akan tampil dengan desain bezeless. Dikutip dari The Next Web, Kamis (1/3/2018), perangkat ini bernama BlackBerry 'Ghost'.

Meski tak ada informasi detail, Blass menyebut smartphone ini akan segera hadir untuk pasar India. Sayangnya, ia tak mengungkap informasi lebih lanjut termasuk spesifikasi dari perangkat ini.

Penggunaan nama 'Ghost' sendiri juga belum dapat dipastikan kebenarannya. Mengingat nama yang cukup unik, ada kemungkinan 'Ghost' merupakan kode yang digunakan Optiemus untuk perangkat anyar ini.

Blass juga menyebut smartphone ini akan menjadi perangkat Android premium. Sama seperti smartphone BlackBerry sebelumnya, perangkat ini akan menjalankan Android.

Selain Optiemus, BlackBerry sebenarnya juga telah menjalin rekanan dengan perusahaan lain, seperti TCL untuk perangkat yang dijual secara global. Sementara di Indonesia, perusahaan tersebut telah membentuk joint venture bernama PT BB Merah Putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Smartphone BlackBerry Hadir dengan Kemampuan Tahan Air

Sebelumnya, smartphone dengan nama BlackBerry yang baru saja meluncur adalah BlackBerry Motion. Sebelumnya perangkat ini diduga bernama BlackBerry Krypton.

BlackBerry Motion dirilis di gelaran GITEX Technology Week di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu malam waktu setempat.

Seperti BlackBerry KeyOne, Motion digarap oleh pemegang lisensi perangkat BlackBerry, TCL. Berbeda dengan KeyOne, BB Motion hadir dengan desain all touch alias layar sentuh.

Mengutip Phone Arena, BB Motion menjadi perangkat pertama BlackBerry yang dibekali sertifikat IP67, sehingga membuatnya tahan terhadap air--bukan air laut--hingga kedalaman 3,3 kaki atau 1 meter selama 30 menit.

Smartphone ini hadir dengan layar 5,5 inci premium anti-scratch dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel (FHD). Tidak disebutkan jelas jenis prosesor yang digunakan untuk menyokong BB Motion, tapi diduga TCL menggunakan Snapdragon 625.

3 dari 3 halaman

BlackBerry KeyOne Limited Edition Black Resmi Hadir di Indonesia

Sementara untuk di Indonesia sendiri, pemegang lisensi smartphone BlackBerry, PT BB Merah Putih, baru saja merilis BlackBerry KeyOne Limited Edition Black. 

BlackBerry KeyOne Limited Edition Black merupakan smartphone Android pertama BlackBerry yang menggunakan keyboard QWERTY untuk konsumen di Indonesia. 

Chief Operating Officer (COO) PT BB Merah Putih, Sukaca Purwokardjono, optimistis smartphone terbaru ini akan diterima oleh masyarakat Indonesia.

"Untuk KeyOne ini kami sangat yakin (diterima pasar) karena ada banyak keunggulannya. Smartphone ini punya banyak perbedaan yang membuatnya lebih unggul (dibandingkan produk lain)," tutur pria yang akrab disapa Koco tersebut.

Smartphone ini hadir dengan desain frame aluminium dan memiliki layar Full HD 4,5 inci (1.650 x 1.080 piksel), anti-gores dari Corning Gorilla Glass 4, RAM 4GB, serta memori internal 64GB.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.