Sukses

4 Pemenang Telkomsel The NextDev 2017 Digembleng di Silicon Valley

Apa saja rangkaian kegiatan yang dilakukan para pemenang The NextDev 2017 di Silicon Valley?

Liputan6.com, Jakarta Empat startup yang memenangkan kompetisi Telkomsel The NextDev 2017, akhirnya dibawa pergi ke Silicon Valley, California, Amerika Serikat ada 11-20 februari 2018.

Keempat startup yang dimaksud tak lain adalah Karapan, CekMata, Squline, dan Marlin Booking.

Di sana, mereka 'digembleng' dengan belajar dari sejumlah praktisi teknologi dan pelaku startup kenamaan dari Negeri Paman Sam. Adapun alasan mengapa Telkomsel memilih Silicon Valley tak lain karena lokasi tersebut menjadi 'kiblat' bagi startup dunia

Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk mengikuti Startup Grind Global Conference 2018 di Fox Theatre, Redwood City. Perhelatan ini merupakan salah satu konferensi teknologi terbesar di dunia yang membahas tren dan inovasi terbaru di dunia digital.

“Rangkaian acara ini bertujuan untuk memberi wawasan, ilmu, dan networking bagi para pemenang terkait berbagai aspek untuk pengembangan startup mereka," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati dalam siaran pers Telkomsel yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (17/2/2018).

"Kesempatan berharga ini dapat mengangkat kualitas dan kompetensi para pemenang The NextDev 2017, sehingga mereka dapat terus berinovasi untuk memberikan dampak positif yang lebih besar kepada masyarakat yang lebih luas.” lanjutnya.

Para pemenang juga akan melakukan benchmarking terhadap berbagai aplikasi smart city, dan bahkan melakukan validasi aplikasi masing-masing ke mahasiswa di UC Berkeley.

Dalam aktivitas validasi pasar di UC Berkeley, ke empat pemenang NextDev berkesempatan untuk mendemonstrasikan masing-masing aplikasi digital yang mereka kembangkan kepada mahasiswa di salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat tersebut.

Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan diri pemenang The NextDev 2017 akan startup mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Immersion Program

Kegiatan utama lainnya pada perjalanan tersebut adalah mengikuti immersion program di Silicon Valley Innovation Centre (SVIC).

Para peserta juga akan mengunjungi startup dan venture capital terkait serta mengikuti rangkaian workshop selama dua hari, dengan tema diantaranya: open innovation, customer centric innovation, lean innovation management, dan digital transformation.

Program ini ditujukan agar Karapan, CekMata, Squline dan Marlin Booking mendapatkan wawasan tentang inovasi dan transformasi digital serta untuk mendapatkan benchmark yang relevan dengan startup yang mereka kembangkan.

3 dari 3 halaman

Tahap Penjurian

Sebelum menang, pada fase penjurian, sebanyak 20 finalis melakukan Final Pitching di hadapan juri selama tiga menit.

Telkomsel menyaring kembali menjadi delapan finalis, di mana dua finalis masing-masing dari kategori: e-Health, e-Education, e-Agriculture, dan e-Transportation. Kemudian kedelepan finalis ini melakukan "Startup Battle" untuk menentukan pemenang utama dari setiap kategori.

Para pemenang mendapatkan hadiah utama berupa 7M (Market Access, Marketing, Mentoring, Management Trip, Money, Monetizing dan Match Expert), dan bersama dengan finalis lainnya akan mengikuti pelatihan lanjutan dari Telkomsel pada program The NextDev Academy, termasuk rangkaian perjalanan ke Silicon Valley.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.