Sukses

5 Tips Dongkrak Sinyal WiFi di Smartphone, Apa Saja?

Simak dan cobalah 5 tips di bawah ini untuk meningkatkan sinyal WiFi pada smartphone tanpa harus menginstal aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan smartphone yang ada di pasaran memang sudah mendukung jaringan 4G LTE dengan demikian koneksi pun lebih cepat. Kendati begitu, saat berada di rumah atau di kafe, orang cenderung lebih memanfaatkan sinyal WiFi.

Bagaimana jadinya jika sinyal WiFi lemot? Berikut adalah lima tips untuk meningkatkan sinyal WiFi yang terhubung ke smartphone kamu, tanpa aplikasi.

1. Letakkan WiFi di Tempat Terbuka

Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah meletakkan router WiFi atau mobile WiFi di tempat terbuka.

Dengan melakukan hal tersebut, sinyal WiFi kamu akan terhindar dari penghalang seperti tembok, pintu, atau lemari yang mungkin saja selama ini menghambat sinyal di dalam ruangan.

Sebelumnya perangkat mobile wifi (Mifi) hanya bisa menampung sekitar 5 koneksi perangkat gadget, maksimal bisa mencapai 12 koneksi perangkat

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ganti Password WiFi

Cara kedua yang bisa kamu lakukan jika sinyal WiFi terasa lemot adalah mengganti password WiFi. Kenapa? Saat sinyal WiFi lelet ada kemungkinan WiFi kamu telah dibobol oleh orang lain dengan aplikasi pembobol WiFi di smartphone.

Untuk itulah, kamu bisa mengatasinya dengan mengganti password WiFi secara berkala dan memilih kombinasi sandi yang lebih aman.

3 dari 5 halaman

3. Menghapus Jaringan WiFi yang Disimpan

Jika kamu sering menggunakan sinyal WiFi gratis di kafe, perpustakaan, dan banyak tempat lainnya, smartphone akan menyimpan jaringan WiFi. Hal ini bakal berpengaruh terhadap kinerja sinyal WiFi smartphone kamu.

Oleh karenanya, kamu perlu menghapus daftar WiFi lama yang mungkin sudah tak terpakai lagi. Misalnya saja, nama WiFi di sebuah tempat nongkrong. Dengan begitu, sinyal WiFi yang terhubung ke smartphone bisa bekerja lebih baik lagi.

4 dari 5 halaman

4. Gunakan Custom Kernel

Bila di smartphone kamu tersedia custom kernel, kamu bisa menggunakannya agar smartphone bisa menerima sinyal WiFi dengan maksimal.

Hal ini karena custom kernel akan memberikan banyak perbaikan dan tweak yang bisa meningkatkan sinyal smartphone atau kekuatan sinyal WiFi kamu.

5 dari 5 halaman

5. Lepas Casing Smartphone

Banyak orang memakaikan pelindung atau casing pada smartphone mereka dengan tujuan untuk melindungi smartphone dari kerusakan fisik.

Namun demikian, casing bisa saja menjadi penghalang sinyal lantaran antena WiFi di smartphone tertutup casing.

Oleh karenanya, kamu bisa memeriksa casing smartphone atau juga melepasnya saat sedang terhubung dengan WiFi.

Selamat mencoba!

(Tin/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.