Sukses

Warganet Pertanyakan Sosok Dilan yang Muncul Jadi Maskot PKS

Khalayak heboh karena PKS mendadak memiliki maskot bernama Dilan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramai fenomena Dilan bukan hanya sebatas filmnya. Awalnya pemilihan Iqbal CJR sebagai karakter utama sempat menuai pro dan kontra, dan belakangan sampul novel Dilan belakangan juga menjadi viral.

Namun sepertinya para pemain di dunia politik praktis juga menyadari kehebohan fenomena Dilan, sehingga banyak meme politik yang terinspirasi dari Dilan, apalagi 2018 adalah tahun politik.

Yang paling menghebohkan adalah kemunculan mendadak sosok Dilan yang mendukung sosok Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Awal mula akun Twitter @PKSArt memperkenalkan 5 Sahabat Muda PKS pada tahun 2015, salah satunya bernama Dilan. Sahabat-sahabat PKS tersebut adalah berupa karakter kartun yang terdiri dari Kea, Adi Dilan, Eja, dan Tera (berasal dari Keadilan Sejahtera).

Namun belakangan, akun DPP PKS juga menampilkan sosok "Dilan" pada tanggal 25 Januari 2018, bertepatan dengan rilisnya film Dilan.

Pada ilustrasi tersebut, sosok Dilan digambarkan sebagai pemuda kos yang berjanggut, memakai kaos putih berlambang logo PKS.

Karakter Dilan dari PKS disebut berasal dari Sumatera namun bersuku Jawa. Dilan dideskripsikan sebagai "Cowok yang rajin, suka menolong, pemberi solusi, punya leadership, kadang moody."

Akibat hal ini, Pidi Baiq, selaku pengarang seri novel Dilan, memberikan klarifikasi bahwa ia tidak terlibat dalam perpolitikan PKS.

Dalam Twitter-nya Pidi Baiq menerangkan, "Saya diundang oleh PKS untuk jadi narasumber yang bicara soal Kebudayaan, ya saya datang. Tapi DEMI TUHAN, "SAYA BUKAN ORANG PKS". "SAYA BUKAN AKTIVIS PKS". SAMA SEKALI BUKAN! Krn selain PKS juga sy prnh datang jd narasumber di partai2 lain untuk bicara seputar budaya dan seni."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Angkat Suara

PKS pun angkat suara. Melalui akun twitter DPP PKS, partai tersebut mengatakan bahwa mereka sudah bertemu dengan pihak Pidi Baiq untuk membicarakan isu ini. PKS juga menekankan bahwa kesamaan nama tersebut hanyalah kebetulan semata.

"5. Pihak PKS memandang hal itu tidak ada hubungan antara tokoh Dilan di Film "Dilan 1990" dengan salah satu maskot #pksmuda yang namanya Dilan. Hanya kebetulan saja memiliki nama sama."

Sebagai catatan, PKS mengetahui bahwa lima sahabat PKS tersebut pertama dimunculkan pada 2015, sementara Dilan sendiri ditulis Pidi Baiq di blog-nya pada 2013 dan terbit dalam bentuk novel pada April 2014.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.