Sukses

Facebook Punya 1,4 Miliar Pengguna Harian

Dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, jumlah pengguna aktif harian Facebook pada kuartal IV 2017 naik 14 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook merilis laporan keuangan kuartal IV dan setahun penuh 2017. Salah satu data yang diungkapkan dalam laporan tersebut adalah rata-rata Daily Active Users (DAUs) atau pengguna aktif harian pada kuartal IV 2017 yang mencapai 1,4 miliar orang.

Jumlah pengguna aktif harian Facebook pada kuartal IV 2017 naik 14 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Untuk pengguna aktif bulanan, mencapai 2,1 miliar orang atau naik 14 persen dibandingkan periode yang sama setahun lalu.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan 2017 merupakan tahun yang sangat luar biasa bagi Facebook, tapi sekaligus juga berat. Untuk 2018, Facebook akan fokus memastikan layanannya tidak hanya menyenangkan untuk digunakan, tapi juga bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk mendukung fokusnya pada tahun ini, Facebook akan mendorong hubungan yang lebih bermakna antar pengguna dibandingkan konsumsi pasif untuk konten.

“Pada kuartal akhir tahun lalu, kami telah membuat perubahan untuk menampilkan lebih sedikit video viral guna memastikan orang menghabiskan waktu dengan baik di Facebook.

Secara total, perubahan yang kami lalukan yelah mengurangi hingga lebih dari 50 juta jam per hari. Namun dengan fokus pada hubungan yang bermakna, komunitas dan bisnis kami akan semakin kuat untuk jangka waktu yang lebih panjang,” jelas Zuckerberg dalam keterangan resminya, Kamis (1/2/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencapian Lain Pada 2017

Pada kuartal IV 2017, ada beberapa pencapaian penting lain yang diraih Facebook. Salah satunya pengguna yang mengakses WhatsApp setiap bulan mencapai 1,5 miliar dan mereka mengirimkan lebih dari 60 juta pesan setiap hari.

Pertumbuhan pengguna yang kian besar akhirnya membuat WhatsApp merilis layanan khusus untuk pelaku bisnis. “Pertambahan pengguna WhatsApp itu terjadi di antara pengguna regular dan bisnis, sehingga kami meluncurkan WhatsApp Bisnis yaitu sebuah aplikasi yang didesain secara khusus bagi bisnis kecil dan menengah agar bisa terhubung dengan konsumen yang ingin mereka jangkau,” jelas Facebook dalam keterangan resminya.

Data menarik lainnya yaitu lebih dari 70 juta bisnis menggunakan Facebook. Lebih dari 2 juta pengiklan beriklan di Instagram dan lebih dari 25 juta bisnis memilik profil bisnis di layanan berbagi foto dan video tersebut.

Total pendapatan Facebook pada kuartal IV 2017 naik 47 persen menjadi US$ 12,97 miliar dari US$ 8,81 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Iklan mobile berkontribusi sebesar 89 persen dari total pendapatan Facebook, naik dari 84 persen year-over-year.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.