Sukses

Napak Tilas Tampilan Jadul 5 Medsos yang Kini Makin Hits

Ini adalah tampilan awal Facebook, Twitter, dan lain-lain yang dulu tampak jadul kini jadi hits dan punya banyak pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, perusahaan internet terus memperbarui tampilan antarmukanya menjadi lebih menarik dan disukai pengguna.

Facebook misalnya, jejaring sosial ini sudah berganti wajah beberapa kali demi memenuhi harapan pengguna. Dengan demikian, pengguna makin banyak menghabiskan waktunya di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Setelah bolak balik ganti tampilan antarmuka, apakah kamu tidak penasaran seperti apa sih tampilan antarmuka pertama sejumlah media sosial yang kini paling hits?

Berikut adalah sejumlah tampilan antarmuka awal jejaring sosial yang Tekno Liputan6.com kutip dari Business Insider, Kamis (1/2/2018).

1. Facebook

Laman muka Facebook atau yang pertama kali diperkenalkan dengan nama "The Facebook" sudah cukup terkenal, hal ini karena di film "The Social Network" sempat disorot.

Pada awal kehadirannya, fitur yang paling terkenal di situs ini adalah wajah anonim di pojok kiri atas. Setelah masuk, pengguna dibawa ke Halaman Selamat Datang tanpa opsi gulir seperti sekarang.

Tampilan laman muka pertama Facebook (Sumber: Business Insider Singapore/ WayBack Machine)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Instagram

Instagram hadir pada 2011. Saat itu, logonya belum diperbarui dengan tampilan warna warni dengan warna dominan ungu dan merah seperti saat ini. Selain itu, tampilan dalamnya pun mengalami perubahan cukup banyak.

Pada 2011, begitu masuk ke aplikasi, mereka bisa mengunggah foto, melihat foto-foto populer, melihat feeds, serta profil milik pengguna.

Saat itu juga belum ada banyak filter, pesan Direct Message, dan tampilan gambar berbentuk kotak.

3 dari 5 halaman

3. Snapchat

Versi asli dari tampilan aplikasi berbagi status foto dan video Snapchat hadir dengan sedikit pilihan. Tidak ada filter atau stiker Bitmoji.

Saat itu Evan Spiegel menghadirkan sentuhan biru untuk Snapchat beserta ikon kartun di versi selanjutnya untuk menciptakan antarmuka yang cukup keren.

4 dari 5 halaman

4. Twitter

Twitter yang hadir pada 2006 memiliki desain feed sederhana. Tahukah kamu, tampilan Twitter saat itu tidak penuh warna seperti yang kita nikmati saat ini. Twitter didominasi dengan warna hijau muda.

Ternyata, logo pertama Twitter dibeli dengan harga US$ 15 atau seharga Rp 200 ribuan, yakni sebelum Twitter memperbaruinya dengan logo burung pada 2012. Setelah logo diubah, tampilan Twitter jadi lebih baik lagi.

5 dari 5 halaman

5. Tinder

Tampilan aplikasi kencan Tinder versi pertama tidak memiliki fitur-fitur yang saat ini kerap digunakan. Misalnya saja swipe layar ke kanan atau ke kiri untuk menunjukkan ketertarikan pada pengguna lain.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.