Sukses

Ulang Tahun ke-120, Sergei Eisenstein Jadi Google Doodle Hari Ini

Siapa sosok pria itu dan mengapa raksasa mesin pencari ini menampilkannya sebagai Google Doodle di hari ini?

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Senin (22/1/2018), Google Doodle menampilkan sosok pria dikelilingi untaian film hitam putih.

Siapa sosok pria itu dan mengapa Google menampilkannya sebagai Google Doodle di hari ini?

Ia adalah Sergei Eisenstein, sutradara film asal Uni Soviet dan dikenal sebagai sang Bapak Montase.

Lahir di Latvia tepat 120 tahun lalu pada 22 Januari 1898, putra dari seorang insinyur sipil ini terkenal berkat karya-karyanya, seperti Battlleship Potemkin, Strike, dan October.

Tak hanya itu, ia juga dikenang karena dua epos sejarah yang berjudul Alexander Nevsky dan Ivan the Terrible.

Selain berkarya di dunia film, Eisenstein nyatanya juga seorang penulis. Beberapa buku tentang teknik film terkenal buatannya adalah Film Form dan The Film Sense.

Di buku-bukunya ini, ia menjelaskan pentingnya montase secara terperrinci dan bagaimana cara membuatnya. Ia juga menjelaskan bagaimana montase adalah inti dari bioskop.

Sekadar informasi, montase merupakan teknik pengeditan film dengan cara merangkai potongan-potongan gambar. Teknik ini sering digunakan untuk menggambarkan berlalunya waktu atau peristiwa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Hidup Sergei Eisenstein

Sergei Eisenstein Jadi Google Doodle Hari Ini. (Doc: Sense of Cinema)

Lahir dari keluarga kelas menengah, Sergei ternyata pernah mengenyam studi arsitektur dan teknik di Petrograh Institute of Civil Engineering.

Diketahui, ia meninggalkan dunia kampus untuk kemudian bergabung dengan Red Army dan ditempatkan di Minsk. Di kota inilah ia menemukan 'hasrat' terhadap dunia seni ketika mengenal Teater Kabuki, dan sampai rela belajar bahasa Jepang.

Tak lama, ia pun pindah ke Moskow untuk memulai karirnya sebagai seorang ahli teori. Strike merupakan film fitur panjang pertama Eisenstein, sementara Battlleship Potemkin menjadi salah satu film karyanya yang mendapatkan pujian luar biasa dari kritikus di seluruh dunia.

Pada Januari 1998, Bank of Russia mengeluarkan dua koin rubel edisi khusus untuk memperingati ulang tahun Sergei Eisenstein yang ke-100.

Eisenstein menghembuskan napas terakhirnya pada 11 Februari 1948 di Moskow karena serangan jantung.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.