Samsung Diam-Diam Pamerkan Smartphone Layar Lipat di CES 2018

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 12 Jan 2018, 19:21 WIB
Foldable smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Samsung menghadirkan sejumlah produk teknologi terbarunya di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2018 yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Tak cuma smart TV, komputer, dan home appliances, perusahaan Korea Selatan ini juga mengungkap smartphone lipat (foldable smartphone) pertamanya pada sejumlah klien dalam pertemuan privat.

Samsung disebut-sebut menampilkan sebuah smartphone lipat, yakni smartphone yang bisa dilipat ke dalam (infolding) dan smartphone yang bisa dilipat ke luar (outfolding) di pertemuan terbatas tersebut.

Kemungkinan, Samsung akan lebih dahulu meluncurkan infolding smartphone yang masa produksi massalnya mulai November 2018.

Kabarnya, dibandingkan tipe outfolding, smartphone infolding memiliki tingkat kelengkungan lebih. Kendati begitu, desain unfolding merupakan teknologi yang lebih maju.

Tahun lalu, Samsung juga kabarnya menunjukkan smartphone lipat dalam sebuah pertemuan privat di Mobile World Congress (MWC) 2017.

Beredar spekulasi bahwa smartphone lipat yang diperkenalkan tahun 2018 ini merupakan versi pembaruan dari smartphone lipat yang ditunjukkan di ajang MWC 2017.

1 of 2

Layar Seluas 7,3 inci?

Samsung lipat
Smartphone lipat Samsung akan meluncur tahun ini? (PhoneArena)

Salah satu eksibitor yang berbicara di pertemuan privat di CES 2018 tersebut menyebut, smartphone lipat ini memiliki layar OLED dengan lebar 7,3 ini.

Kedua smartphone lipat itu kabarnya juga bisa dilipat layaknya kertas. Kemungkinan Samsung tidak menggunakan layar OLED yang terbuat dari kaca untuk membuatnya, melainkan OLED polimer.

Samsung kabarnya telah menyelesaikan proses pengembangan layar tersebut dan kini tengah berupaya untuk meluncurkan smartphone lipat ke pasaran. Diprediksi Samsung akan mengumumkan smartphone tersebut pada 2019.

Tidak hanya Samsung, kabarnya Apple juga melakukan hal yang sama dan berharap Samsung akan menyediakan layar lipat untuk perusahaan AS tersebut.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓