Penampakan Nokia 1 Berbasis Android Go Bocor di Internet

Oleh Agustinus Mario Damar pada 12 Jan 2018, 17:30 WIB
Nokia 2

Liputan6.com, Jakarta - Nokia dilaporkan berencana untuk merilis sejumlah smartphone anyar di tahun ini, sebut saja Nokia 4 dan Nokia 7 Plus. Selain dua model itu, seri lain yang tak kalah menarik untuk dinantikan adalah Nokia 1.

Perangkat ini menarik karena disebut-sebut merupakan bagian dari program Android Go besutan Google. Karena itu, sejumlah bocoran mengenai Nokia 1 telah beredar di internet beberapa waktu lalu.

Kini, seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (12/1/2018), giliran penampakan dari Nokia 1 yang tampil di internet. Berdasarkan penampakan awal, desain Nokia 1 mirip dengan model lainnya yang lebih dulu rilis.

Bagian belakang smartphone ini hanya menampilkan kamera utama beserta LED Flash. Lalu, seperti biasa ada tulisan Nokia yang berada di tengah. Sekilas, desain ini mirip dengan Nokia 2.

Sayangnya, HMD Global selaku pemegang merek Nokia hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai Nokia 1. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman mengenai Nokia 1 yang diprediksi akan dilakukan saat gelaran MWC 2018.

Dari sisi spesifikasi, menurut kabar Nokia 1 akan dipersenjatai RAM 1GB dan memori internal 8GB yang dapat diperluas. Sementara layar smartphone ini digadang-gadang beresolusi HD (720p), hal tak biasa yang dimiliki perangkat entry level.

1 of 3

Daftar Nokia yang Rilis Tahun Ini

Untuk informasi, HMD Global memang diketahui sudah memiliki daftar smartphone yang siap rilis tahun ini. Perusahaan asal Finlandia itu sudah menyiapkan lebih banyak model di 2018.

Informasi ini diketahui dari informasi versi terbaru aplikasi Nokia Camera. Dalam deskripsi Nokia Camera, aplikasi itu akan kompatibel dengan Nokia 5 dan sejumlah smartphone lain, termasuk yang belum diperkenalkan secara resmi, seperti Nokia 1.

Sementara daftar seri Nokia yang akan mendapat pembaruan tersebut dan sudah diperkenalkan sejauh ini adalah Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 7, dan Nokia 8.

Selain daftar tersebut, ternyata ada dua model smartphone yang belum terdengar sebelumnya, yakni Nokia 4 dan Nokia 7 Plus. Seri premium Nokia 9 juga dipastikan mendapat pembaruan aplikasi itu.

Jika kabar ini benar, berarti HMD Global setidaknya bakal memperkenalkan empat model anyar di tahun ini. Seri smartphone itu adalah Nokia 1, Nokia 4, Nokia 7 Plus, dan Nokia 9.

2 of 3

Nokia 6 2018 Sudah Meluncur

Untuk membuka 2018, HMD Global juga baru saja memperkenalkan Nokia 6 2018. Smartphone yang diperkenalkan di pasar Tiongkok itu dibanderol dengan harga US$ 230 atau sekitar Rp 3 jutaan.

Nokia 6 2018 ini hadir dengan pembaruan prosesor. Sebelumnya Nokia 6 dibekali prosesor Snapdragon 430, tapi Nokia 6 2018 ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 630 yang memiliki kecepatan hingga 2.2GHz.

Ada dua versi Nokia 6 2018 yang dirilis, yakni dengan memori internal 32GB dan 64GB. Keduanya sama-sama dibekali RAM 4GB.

Dibandingkan dengan seri sebelumnya, Nokia 6 2018 hadir dengan fitur OZO audio recording, sebuah teknologi audio yang mendukung kemampuan dan menangkap audio 3D.

Perbedaan lainnya dari segi fisik, di mana Nokia 6 2018 tidak hadir dengan tombol fisik Home seperti model sebelumnya. Oleh karena itu, sensor sidik jari ditempatkan ke bodi belakang smartphone.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓