LG Bakal Setop Rilis Seri Flagship Setiap Tahun

Oleh Jeko I. R. pada 12 Jan 2018, 16:30 WIB
LG V30+

Liputan6.com, Seoul - LG dikabarkan tak bakal lagi merilis seri flagship smartphone-nya secara rutin. Artinya, brand asal Korea Selatan tersebut tak akan meluncurkan seri flagship smartphone terbaru setiap tahun.

Menurut informasi yang dilansir Ubergizmo pada Jumat (12/1/2018), keputusan ini merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi dan manufaktur.

Dengan demikian, dana yang seharusnya dikeluarkan setiap tahun untuk produksi flagship smartphone bisa disimpan untuk mempersiapkan seri flagship yang sesuai dengan harapan LG.

Vice Chairman LG Cho Sung-Jin juga sudah memberikan konfirmasi kalau perusahaan memang akan merilis flagship smartphone baru sesuai dengan kebutuhan.

"Kami akan merilis smartphone (flagship) terbaru ketika dibutuhkan. Jadi, tidak akan meluncurkan rutin setiap tahun seperti yang dilakukan oleh para pesaing kami," ujar Sung-Jin di CES (Consumer Electronic Show) 2018 yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), belum lama ini.

Siklus perilisan flagship smartphone LG memang bisa dikatakan sama dengan siklus flagship Samsung. Setiap tahunnya, saat Samsung meluncurkan varian flagship Galaxy S, LG pasti juga meluncurkan varian flagship G.

Pada waktu yang sama, Samsung juga meluncurkan varian flagship Galaxy Note, di mana LG pun merilis varian flagship V.

1 of 3

Flagship Smartphone LG Meluncur April 2018?

LG V30+
LG V30+, flagship smartphone LG untuk pecinta entertainment di Indonesia (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Meski demikian, LG sebetulnya sudah menyiapkan seri flagship teranyarnya yang bakal dirilis pada April 2018. Ini artinya, LG diperkirakan juga tidak akan memperkenalkan seri smartphone di MWC (Mobile World Congress) 2018.

"LG kemungkinan tidak akan mengumumkan G7 di MWC. Smartphone ini mungkin akan diumumkan pada pertengahan Maret sebelum dirilis secara resmi," ungkap seorang sumber dari perusahaan telekomunikasi Korea Selatan.

Salah satu alasan LG menunda waktu peluncuran karena ingin memastikan G7 (atau apa pun namanya nanti) mendapatkan prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon 845.

Tahun lalu, LG G6 terpaksa harus menggunakan Snapdragon 821 karena Samsung telah memborong semua persediaan awal Snapdragon 835 untuk seri Galaxy S9. Beberapa bulan kemudian, LG baru bisa menggunakan prosesor tersebut untuk V30.

Adapun LG sampai saat ini belum buka suara soal waktu pengumuman dan peluncuran seri flagship terbarunya. Kendati demikian, berbagai laporan tentang smartphone tersebut telah banyak beredar, termasuk spesifikasinya.

2 of 3

LG Pertimbangkan Nama Baru untuk Flagship Tahun Ini

LG V30+
Tampilan sisi bawah LG V30+, pengisian daya smartphone ini menggunakan port USB Tipe C (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Flagship terbaru LG dilaporkan tidak akan hadir dengan nama G7. Hal ini lantaran perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut sedang mempertimbangkan untuk melakukan rebranding pada seri flagship G.

LG melakukan rebranding agar bisa bersaing lebih baik menghadapi kompetitor utamanya, yaitu Apple dan Samsung. Dalam sebuah pernyataan kepada media Korea Selatan, The Investor, karyawan LG mengatakan rebranding produk flagship bukan hal yang baru di dalam industri. Namun, sejauh ini belum ada keputusan apa pun soal nama baru itu.

Seorang sumber internal lainnya juga menyatakan hal serupa. "LG sedang menyiapkan strategi merek baru untuk seri G pada pertengahan tahun pertama ini. Penomoran smartphone dengan dua angka dan rebranding ponsel dengan nama baru, saat ini masih didiskusikan," kata sumber itu.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓