Sukses

Xiaomi Bakal Boyong Fitur Serupa iPhone X ke Mi MIX dan Redmi 5

Fitur bernama 'full display gesture' ini memungkinkan pengguna menavigasikan seluruh akses perangkat di layar.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dilaporkan tengah melakukan uji coba navigasi anyar berbasis gerakan untuk sejumlah model smartphone besutannya. Fitur bernama "full display gestures" ini sudah disertakan dalam versi beta terbaru dari MIUI 9.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (29/12/2017), fitur anyar berbasis gestur ini hadir dalam beberapa fungsi. Salah satunya adalah dengan menyapu layar ke atas, maka pengguna akan beralih ke halaman depan (home screen).

Selain itu, pengguna juga dapat menahan layar dalam posisi tersebut untuk mengaktifkan layar "Recents Apps". Terakhir, gerakan dengan menggeser layar dari kiri atau kanan ke arah tengah dapat membawa pengguna ke halaman sebelumnya.

Rencananya, fitur ini akan diimplementasikan pada perangkat Xiaomi berdesain bezeless, seperti Redmi 5, Redmi 5 Plus, Mi MIX, dan Mi MIX 2. Dengan kehadiran fitur ini, Xiaomi disebut ingin memaksimalkan penggunaan navigasi di atas layar.

Sekilas, fitur ini mirip dengan kemampuan yang dibenamkan Apple di iPhone X. Sekadar informasi, mengingat iPhone X tak memiliki tombol Home sehingga seluruh navigasi dilakukan langsung dilakukan di atas layar.

Sebelumnya, tombol Home pada iPhone kerap dipakai untuk sejumlah fungsi, mulai dari multitasking, mengakses layar depan, termasuk membuka perangkat. Kini, Apple menggantikan sejumlah fungsi itu dengan berbagai gerakan, seperti menggeser layar ke atas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Anyar MIUI 9

Sekadar informasi, MIUI 9 merupakan sistem operasi anyar berbasis Android Nougat yang hadir dengan tiga fitur unggulan terbaru. Ketiga fitur unggulan MIUI 9 adalah Image Search, Smart Assistant, dan Smart App Launcher.

Khusus untuk Image Search, fitur ini merupakan hal yang baru di perangkat Xiaomi. Melalui fitur ini, pengguna perangkat Xiaomi dapat mencari foto lebih mudah, cukup dengan menuliskan kata kunci di kotak pencarian.

Fitur lain yang diperkenalkan adalah Smart App launcher. Lewat fitur ini, MIUI dapat membuka aplikasi sesuai dengan konten yang ditampilkan di layar perangkat.

Peningkatan lain yang terbilang signifikan adalah kehadiran Smart Assistant. Fitur yang mirip dengan Google Assistant ini mampu membantu pengguna untuk mencari apa pun termasuk foto dan teks di dalam perangkat.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.