Sukses

iPhone 5s Bakal Mejeng di Museum Film, Kok Bisa?

Ternyata, iPhone 5s merupakan seri iPhone pertama yang digunakan untuk membuat sebuah film.

Liputan6.com, Jakarta - Academy of Motion Picture Arts and Sciences, organisasi di balik penghargaan film bergengsi, Oscars, dilaporkan akan untuk membuat sebuah museum.

Nantinya, museum ini akan berisi barang-barang penting yang berhubungan dengan sejarah perfilman Amerika Serikat dan dunia.

Namun dikutip dari Phone Arena, Jumat (29/12/2017) perangkat iPhone 5s dilaporkan turut masuk dalam daftar barang-barang yang dipajang dalam museum tersebut. Lantas mengapa smartphone bisa masuk ke dalam museum film?

Setelah diusut, iPhone 5s ternyata bukan perangkat sembarangan. iPhone 5s yang dimaksud adalah perangkat yang digunakan sutradara untuk membuat film Tangerine beberapa waktu lalu.

Meski hanya dibuat dengan kamera smartphone, film ini berhasil menuai sukses di festival Sundance termasuk dari sisi komersial. Karena itu, perangkat ini akan bersanding bersama sejumlah memorabilia The Wizard of Oz dan Alien.

Dalam museum ini, Baker juga mengungkap rahasia di balik produksi Tangerine. Ia menuturkan, tim produksi menggunakan tiga buah iPhone yang didukung lensa tambahan dan tripod, termasuk aplikasi kamera untuk proses perekaman.

Mengingat produksi hanya memanfaatkan iPhone, biaya yang dikeluarkan tentu lebih murah dari kamera biasa. Sekadar informasi, sebenarnya ini bukan kali pertama iPhone dimanfaatkan untuk keperluan profesional.

Sejumlah iklan termasuk beberapa dari Apple sendiri banyak diambil memanfaatkan iPhone. Akan tetapi, Tangerine selalu diingat sebagai film pertama yang seluruhnya diambil menggunakan perangkat itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

iPhone 7 untuk Garap Film Pendek

Selain iPhone 5s, perangkat besutan Apple lain yang juga sempat digunakan untuk membuat film adalah iPhone 7. Adalah Michel Gondry sutradara kenamaan asal Prancis yang baru-baru ini menggarap film pendek menggunakan iPhone 7.

Kali ini, sutradara yang juga menggarap Eternal Sunshine of The Spotless Mind juga membuat film berjudul Detour. Film ini menceritakan tentang keluarga yang berlibur, dan menemukan banyak hal aneh dalam perjalanannya tersebut.

Detour ditayangkan di kanal YouTube Apple dan ternyata mendapatkan sambutan cukup baik. Menariknya, hasil bidikan iPhone 7 di sepanjang film benar-benar tampil natural.

Gondry yang dikenal apik dalam permainan warna kontras, mengaku tidak menggunakan filter apa pun dalam memoles pewarnaan filmnya itu. Pengambilan gambar film dengan iPhone 7 merupakan salah satu upaya Apple mempromosikan kemampuan kamera iPhone-nya.

Sebelumnya pada 2015, Apple juga melakukan hal serupa saat pertama kali memasarkan iPhone 6s dan 6s Plus. Saat itu, Apple memasang papan iklan raksasa yang menampilkan 53 foto hasil karya 43 fotografer amatir dan profesional.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.