Sukses

Jaringan XL Siap Layani Kenaikan Trafik di Natal dan Tahun Baru

Sejumlah persiapan sudah dilakukan XL, mulai dari sisi teknis hingga layanan pelanggan untuk mengantisipasi lonjakan trafik di akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk mengantisipasi kenaikan trafik sepanjang libur Natal dan Tahun Baru 2018. Seperti tahun sebelumnya, trafik data akan mendominasi di tahun ini dengan kenaikan diperkirakan mencapai 10 persen.

Karenanya, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang memadai sehingga dapat menampung kenaikan trafik hingga dua kali lipat dibanding hari biasa.

Operator yang identik dengan warna biru ini juga telah menyiapkan teknologi jaringan yang dapat mengalihkan kepadatan trafik suatu tempat ke daerah lain yang lebih longgar.

"Dalam beberapa tahun terakhir, mobilitas masyarakat Indonesia dalam mengisi libur panjang Natal dan Tahun Baru semakin meningkat," ujar Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (21/12/2017).

Ia menuturkan, selain melakukan perjalanan, mereka juga banyak yang memanfaatkan waktu luang liburan untuk melakukan aktivitas digital. 

"Tak lagi sekadar mengucapkan selamat Natal atau Tahun Baru. Kebiasaan pengalaman dan informasi di internet telah menjadi kebiasaan dan menjadi faktor pendorong meningkatnya trafik layanan di tiap libur panjang," ujarnya.

Nantinya, seluruh aktivitas jaringan XL Axiata akan terpantau lewat pusat pemantauan yang berada di Jakarta dan beberapa kota lain.

Lewat pemantauan ini, petugas jaringan dapat langsung mendeteksi apabila terjadi kepadatan atau masalah di lokasi tertentu. Dengan cara tersebut, tindakan pencegahan atau penanganan lebih lanjut dapat segera dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Dilakukan di Sejumlah Lokasi

XL Axiata juga melakukan antisipasi dengan memperkuat jaringan di daerah yang diprediksi akan mengalami kenaikan secara signifikan.

Daerah yang dimaksud adalah wilayah dengan jumlah pemeluk Nasrani yang lebih banyak, seperti Sumatera Utara dan Sulawesi Utara. Sejumlah tujuan wisata populer, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali juga tak luput dari penguatan jaringan.

XL Axiata juga menyasar ke sejumlah lokasi wisata dan juga pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan. Penguatan jaringan juga dilakukan di lokasi transportasi publik, seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandar udara.

Meningat masa liburan ini cukup panjang, peningkatan arus lalu lintas dari Jabodetabek ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta juga diprediksi akan meningkat. Untuk itu, peningkatan juga dilakukan di sepanjang jalur jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota tersebut.

Selain jaringan, XL juga menyiapkan peningkatan dari sisi layanan pelanggan. Tim call center XL dengan total sekitar 500 petugas akan bersiap sepanjang hari selama 24 jam.

"Kami berharap pelanggan dapat menginformasikan kendala yang dihadapi pada petugas customer service sehingga dapat segera mendapatkan penanganan," tutur Yessie.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.