Sukses

Terkuak, Ini Fakta Jubah Tak Terlihat yang Viral di Internet

Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat mirip dengan milik Harry Potter kembali viral di internet, asli atau palsu?

Liputan6.com, Jakarta - Kamu penggemar novel dan film Harry Potter? Jika iya, pasti tahu jubah tak terlihat alias invisibly cloak milik Harry Potter yang diwariskan dari sang ayah.

Jubah tersebut membuat pemakainya jadi tidak terlihat oleh orang lain. Baru-baru ini, media sosial Tiongkok dihebohkan dengan video yang memperlihatkan jubah tak terlihat.

Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/12/2017), pengguna medsos sangat takjub dengan produk yang kabarnya merupakan buatan Tiongkok itu.

Mulanya video berisi pria mengenakan jubah tak terlihat itu diunggah di Weibo oleh Wakil Kepala Departemen Investigasi Kriminal di Kementerian Keamanan Publik Tingkok Chen Shiqu. Video viral itu telah disaksikan hingga 21,4 juta kali per 9 Desember 2017.

Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasific)

Dalam video yang dibagikan itu, tampak seorang pria mengenakan jubah tak terlihat kemudian menghilang di depan kamera dan hanya terlihat bagian wajahnya yang tidak ditutupi jubah.

Saat membagikan video tersebut, bahkan Chen mengatakan, jubah tak terlihat tersebut bisa sangat bermanfaat di dunia militer.

	Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasific)

Dia juga menuliskan, "Ini adalah kain yang dibuat dengan teknologi kuantum dari bahan transparan yang dapat mencerminkan gelombang cahaya di sekitar, sehingga bisa membuat orang tersebut (seolah) menghilang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ternyata Hoax Belaka

 Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasifif)

Keberadaan jubah tak terlihat itu dibantah oleh seorang produser di perusahaan produksi konten Quantum Video Zhu Zhensong. Kepada media lokal Liberation Daily, Zhu menegaskan, jubah tak terlihat tak pernah ada.

Kepada reporter, Zhu mengatakan, video tersebut telah diedit dan aslinya jubah tak terlihat itu difilmkan dengan kain plastik biru atau hijau.

Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasific)

"Software seperti Adobe After Effects, Nuke, atau Blackmagic Fusion dapat mengedit background dan menyatukannya dengan objek di sekitarnya. Efek ini sebelumnya juga dipakai dalam banyak film action," kata Zhu menjelaskan.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.