Sukses

Apple Resmi Akuisisi Shazam

Menurut laporan, nilai akuisisi Shazam oleh Apple mencapai US$ 400 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar soal rencana Apple mengakuisisi Shazam akhir terjawab sudah. Perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat, itu akhirnya mengumumkan secara resmi bahwa Shazam telah diakuisisi. 

Hubungan antara Apple dan Shazam memang telah terjalin lama. Sejak bergabung di App Store, Shazam secara konsisten selalu menjadi aplikasi paling populer di iOS.

"Kami sangat senang mengumumkan Shazam telah setuju menjadi bagian dari Apple," tulis Apple dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Phone Arena, Selasa (12/12/2017).

Menurut laporan, nilai akuisisi ini mencapai US$ 400 juta. Laporan akuisisi ini sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa pekan lalu. Namun, ketika itu, kedua perusahaan tak berkomentar mengenai kabar akuisisi ini.

Belum diketahui seperti apa rencana Apple terhadap Shazam, tapi ada beberapa kemungkinan yang terjadi, mengingat aplikasi itu kini sudah memiliki sejumlah kemampuan baru.

Beberapa di antara kemampuan tersebut ialah mengenali serial TV, poster film, iklan majalah, termasuk konten augmented reality (AR).

Karena itu, ada kemungkinan kemampuan ini yang akan dimanfaatkan oleh Apple untuk memperkaya pengalaman di perangkatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Integrasi Shazam dan Siri sejak 2014

Integrasi Shazam pada Siri sebetulnya sudah hadir sejak 2014. Apple meluncurkan fitur ini bersamaan dengan digulirkannya iOS 8 pada saat itu.

Berikan perintah suara "what song is this?", lalu Siri akan meminta waktu sebentar untuk mendengarkan lagu yang dimaksud. Tak lama kemudian, asisten virtual tersebut akan memberi tahu penyanyi dan judul lagunya.

Terbaru, asisten virtual tersebut dapat membuatkan playlist bagi penggunanya. Kemampuan Siri sebagai DJ ini hadir di iOS 11. Apple membekali Siri dengan kecerdasan buatan untuk dapat memutar musik yang diminta pengguna.

"Siri di iOS 11 akan dapat memutar musik favoritmu, dan bisa memutar playlist yang kamu inginkan. Menariknya, kamu bisa memintanya memutar musik sesuai mood, aktivitas, dan juga genre," tulis Apple beberapa waktu lalu.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.