Sukses

Indonesia Raih 17 Medali di Ajang Kompetisi Inovasi Internasional

Lebih dari 20 negara terdepan di bidangnya berkompetisi di ajang ini. Indonesia berhasil keluar dengan total memborong 17 medali.

Liputan6.com, Taiwan - Indonesia kembali menuai prestasi dalam kompetisi inovasi di panggung internasional. Kali ini, Indonesia berhasil membawa pulang 8 medali emas, 5 perak, dan 4 perunggu.

Kompetisi yang diikuti kali ini adalah Kaohsiung International Invention and Design Expo (KIDE) yang berlangsung di Taiwan pada 8-10 Desember 2017.

Lebih dari 20 negara terdepan di bidangnya berkompetisi di ajang ini. Indonesia berhasil keluar dengan total memborong 17 medali.

"Total itu ada 17 tim dari 11 sekolah dan universitas yang kami bawa dalam kompetisi kali ini," ujar Erricha Insan Pratisi, President Indonesian Invention Innovation Promotion Association (INNOPA) di Universitas Mercubuana, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Mereka yang berhasil membawa medali emas adalah siswa dari SMAN 1 Matauli Padan dengan karya Avoteaman atau Avocafo Tea Many Benefits, dan karya lainnya adalah Corncob Hand Sanitizer.

Kemudian SMAN 1 Denpasar dengan 'Analydis on Active Ingredients on Ointment Made From The Extract of Gardenia augusta Leaves to Inhibit Mouth Ulcer Caused by Candida Albicans Fungus'.

"Tak ketinggalan Sekolah Surya Buana Malang karyanya 'Application of Unused Goods to The Learning of Plane Mirror in Geometrical Optic'. Lalu Universitas Islam Indonesia lewat karya 'IRACLE (Mosquito Repellent Mat Electric) From Breadfruit Flower (Artocarpus altilis) and Frangipani Flower (Plumeria alba) Essential Oil as An Innovation of Eco-Friendly Aromatic Insecticides'," papar Erricha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inovasi dan Karya Desain

Universitas Islam Indonesia kembali meraih emas dalam karyanya 'Jogja Siaga, Application for Relief in Emergency' dan 'UNISI Doll as a Tool Overcoming Resistance in Tuberculosis Treatment'.

Terakhir penyumbang emas dari Universitas Sumatera Utara. "Sisanya 5 medali perak dan 4 medali perunggu juga disumbangkan untuk Indonesia," pungkas Erricha.

Tak hanya kompetisi, ajang ini juga merupakan pameran pertama yang menggabungkan inovasi, karya desain, dan konferensi internasional dalam satu acara. Di dalamnya, lebih dari 500 proyek inovasi dipamerkan dan ikut berkompetisi.

(Pramita Tristiawati/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

https://www.vidio.com/watch/847236-unboxing-samsung-galaxy-j7-pro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini