Sukses

Top 3 Tekno: Temuan Exoplanet Mirip Bumi Paling Dicari

Informasi mengenai astronom yang menemukan exoplanet berbatu mirip bumi bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi mengenai astronom yang menemukan exoplanet berbatu mirip bumi bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang tak kalah menarik berasal dari deretan foto banjir Jakarta yang ramai di media sosial; dan fisikawan dan matematikawan Jerman bernama Max Born yang tampil sebagai Google Doodle.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Astronom Temukan Exoplanet Berbatu Mirip Bumi, Apa Layak Huni?

Ada banyak exoplanet alias planet asing di luar angkasa. Salah satu yang kembali dikulik astronom belum lama ini adalah exoplanet K2-18b. Menurut keterangan astronom NASA, exoplanet tersebut memiliki karakteristik mirip dengan Bumi.

K2-12b sebetulnya sudah ditemukan sejak 2015. Waktu itu, exoplanet ditemukan berputar mengelilingi K2-18, gugusan bintang kerdil merah (red dwarf) yang lokasinya sekitar 111 tahun cahaya di Konstelasi Leo. Exoplanet ini diklaim berlokasi di zona layak huni. Jika diamati dari bintang induknya, exoplanet bisa menampung air dari permukaan.

Sayangnya, astronom masih harus mempelajari karakteristik K2-18b lebih lanjut terkait komposisi dan lingkungannya. NASA juga menggandeng peneliti dari Universitas Texas dan Universitas Montreal untuk membantu penelitian tersebut.

Baca selengkapnya di sini

2. Foto-Foto Banjir Jakarta Ramai di Media Sosial

Hujan deras yang melanda Jakarta sejak siang ini, membuat sejumlah ruas jalan tertutup banjir. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (11/12/2017), banjir menggenangi ruas jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

Bahkan, kompleks menteri di Jalan Denpasar juga ikut terendam. Arus lalu lintas di jalan tersebut juga dilaporkan menjadi tersendat diakibatkan genangan air yang menutupi jalan hingga ketinggian sekitar 10 cm.

Sejumlah pengguna jalan pun turut melaporkan kondisi terkini. Di lini masa Twitter, sejumlah warganet pun mengunggah kondisi terbaru sejumlah ruas jalan yang tergenang banjir.

Baca selengkapnya di sini

3. Max Born Tampil sebagai Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Hari ini, Senin (11/12/2017), Google memajang doodle seorang pria tua yang tampak sedang berusaha memecahkan masalah matematika dan fisika. Siapa dan mengapa dia menjadi sosok doodle hari ini?

Seperti dikutip dari laman Google Doodle, pria tua berjas warna hijau tersebut adalah Max Born, seorang fisikawan dan matematikawan Jerman yang berhasil menemukan salah satu teori terpenting di bidang mekanika kuantum, dan diberi nama Born Rule.

Sekadar informasi, Born Rule adalah sebuah teori yang menggunakan probabilitas untuk memprediksi lokasi partikel dalam sistem kuantum.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.