Sukses

5 Tips agar Smartphone Terhindar dari Virus

Jalankan 5 tips ini agar smartphone terhindar dari virus, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Selain bisa merusak komputer, virus, dan malicious software (malware) juga kerap menyerang smartphone. Berbagai risiko mungkin terjadi ketika smartphone terkena virus maupun malware, seperti membuat smartphone rusak, data-data tak bisa dibuka atau bahkan hilang.

Biasanya, virus maupun malware masuk ke smartphone dengan memanfaatkan beberapa celah di OS smartphone. Kendati begitu sebenarnya pengembang OS kerap memberikan update guna mengingkatkan keamanan OS.

Sayangnya hal tersebut belum cukup. Sebagai pengguna kamu juga perlu berhati-hati dan melakukan hal-hal di bawah ini untuk terhindar virus dan malware. Apa saja?

1. Jangan Instal Aplikasi Selain di Toko Aplikasi Resmi

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar smartphone tak terserang virus adalah jangan pernah mengunduh dan memasang aplikasi pihak ketiga atau mengambil file APK dari website.

Tips Google Play (Sumber: Android Pit)

Hal ini karena file APK yang tak jelas sumbernya sangat rentan terhadap virus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Nama Pengembang Aplikasi

2. Cek Nama Pengembang Aplikasi

Kamu perlu tahu, banyak aplikasi palsu beredar di Google Play. Misalnya beberapa waktu lalu aplikasi Pokemon Go yang terkenal itu dipalsukan oleh orang tak bertanggung jawab. Hal tersebut bisa jadi salah satu cara virus menginfeksi smartphone kamu.

Untuk itu kamu perlu memerhatikan dan mengecek developer-nya sebelum mengunduh dan menginstalnya.

Ilustrasi: Aplikasi terserang malware (Sumber: Daily Dot)

3. Baca Review Aplikasi

Sebelum mengunduh dan memasang aplikasi ke smartphone, kamu perlu membaca review aplikasi tersebut dari pengguna lain.

Ilustrasi Virus yang Terjangkit Virus. Kredit gambar: Humanarticle.info

Dalam fitur review ini kamu bisa membaca pengalaman orang-orang yang sudah mencoba aplikasi yang ingin kamu instal. Jika rating dan review jelek, kamu bisa mengurungkan niat untuk mengunduhnya.

 

3 dari 3 halaman

Update OS

4. Perbarui OS Terbaru

Pembaruan sistem operasi memiliki beberapa fitur yang membuat smartphone kamu lebih aman dari serangan virus. Untuk itu, kamu perlu memperbarui OS ke versi terbaru.

Ilustrasi: Virus

5. Pasang Aplikasi Keamanan

Selain mengikuti tips di atas, sebaiknya kamu juga memasang aplikasi keamanan di smartphone kamu. Selain memiliki fitur keamanan, aplikasi semacam ini juga memiliki fitur backup data, membersihkan cache, dan mengunci aplikasi.

Dengan demikian, smartphone pun akan lebih terlindung terhadap virus maupun malware.

Malware (foto: phonearena.com)

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.