Sukses

Heboh, Update Android Bikin Pengguna Kehilangan Data

Alih-alih menghilangkan berbagai bug, update Android di sebuah smartphone justru membuat pengguna kehilangan data mereka. Kok bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Pembaruan atau update Android biasanya dilakukan untuk menghilangkan bug yang ada di dalam perangkat. Sayangnya tidak demikian dengan pembaruan yang dihadirkan oleh Blue Products.

Vendor smartphone asal Miami yang dikenal menjual smartphone murah di Amerika Serikat ini malah menghadirkan pembaruan yang membuat penggunanya marah.

Bagaimana tidak, berdasarkan laporan beberapa pengguna, update yang ditujukan kepada pemilik perangkat Blue Life One XA itu malah menyusahkan pengguna.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Rabu (29/11/2017), pengguna yang telah mengunduh pembaruan tersebut malah tak bisa menyelesaikan proses update.

Masalahnya saat menyelesaikan update, pengguna malah diminta memasukkan password dan rupanya hal tersebut adalah bug.

Meski begitu, ada hal yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini yakni dengan menjalankan opsi factory reset. Artinya, data-data pengguna di dalam perangkat tersebut justru akan hilang.

Masalah ini dialami oleh pengguna perangkat Blu Life One X2 yang ada di beberapa negara lainnya di dunia. Sayangnya tidak jelas apakah Blu Products bakal segera menangani masalah ini atau tidak.

Kendati demikian, perusahaan mengaku masih melakukan investigasi guna menyelesaikan permasalahan update berbuntut data hilang tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Update Android

Pembaruan sebuah software biasanya akan menghadirkan performa perangkat yang lebih baik. 

Untuk itu, penggguna perlu memastikan kalau sistem operasi Android di smartphone kamu versi terbaru. Ini dikarenakan pembaruan versi berarti banyak perbaikan bug dan optimalisasi hardware lebih baik lagi.

Dengan pembaruan ini, smartphone kamu pun akan lebih stabil, lebih cepat dan perbaikan koneksi jaringan serta manajemen RAM yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Ilustrasi: Update software Android

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.