Sukses

7 Tips agar Foto di Malam Hari dengan Smartphone Kian Seru

Suka memotret dengan kamera smartphone, berikut adalah 7 tips pilihan agar foto malam hari dengan smartphone makin oke. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kamu suka jalan-jalan sambil memotret berbagai objek di malam hari? Sayangnya, tidak semua kamera smartphone 'pandai' saat digunakan memotret malam hari.

Hal ini biasanya disebabkan karena cahaya yang kurang saat malam hari. Kendati begitu, bukan berarti kamu tak bisa memotret suasana malam hari dengan baik.

Berikut adalah tips memotret malam hari dengan kamera smartphone.

1. Menggunakan Tripod dan Timer

Saat hendak memotret di malam hari sebaiknya kamu membawa tripod dan timer. Hal ini karena memotret malam hari cahayanya lebih sedikit sehingga kamu butuh shutter lambat untuk menangkap cahaya yang jauh lebih banyak.

Agar hasilnya tidak blur, kamu bisa menggunakan timer atau remote untuk menekan tombol shutter. Jika kamu harus menggunakan shutter manual, pastikan untuk tidak bergerak atau tahan napas sebentar saat menekan tombol shutter.

Ilustrasi: Tripod (Foto: Mirror)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan Mode Manual

2. Gunakan Mode Manual

Modus otomatis pada kamera smartphone memungkinkan pengguna mengambil foto dengan cepat sehingga mampu menangkap momen dadakan dalam sekejap. Sayangnya modus otomatis tidak cocok untuk memotret di malam hari.

Untuk itulah kamu perlu menggunakan mode manual. Beberapa smartphone telah dilengkapi mode manual. Dari situ, kamu bisa mengatur pengaturan sesuai kondisi sekitar.

Ilustrasi: Kamera smartphone

3. Atur Shutter Speed, Aperture, dan ISO

Dalam mode manual, atur shutter speed yang lebih lambat untuk menangkap cahaya lebih banyak. Sementara untuk aperture disesuaikan dengan shutter speed.

Pengaturan lain yakni ISO, fungsinya untuk menentukan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh sensitivitas sensor yang digunakan. Singkatnya, ISO redah cocok digunakan pada kondisi terang, sementara ISO tinggi cocok digunakan pada malam hari.

Bodi belakang Advan A8 yang dibekali kamera ganda (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

3 dari 4 halaman

Modus Malam

4. Modus Malam

Night Mode merupakan modus yang ada di hampir semua kamera smartphone. Dengan fitur ini, hasil foto akan lebih baik dan terang. Namun untuk memakainya, pastikan gambar yang dipotret tidak bergerak agar tidak blur.

Memotret dengan modus malam kamera smartphone

5. Gunakan Flash, Jangan Zoom

Jika kamu memotret dari jarak cukup jauh, sebaiknya tidak perlu flash karena akan menimbulkan bercak pada foto.

Sementara, jika objek dekat, flash akan membantu membuat hasil foto lebih baik. Pengguna perlu menghindari zoom agar hasil foto lebih tajam.

Teknologi 5x Dual-Camera Zoom

 

4 dari 4 halaman

Pilih Tempat

6. Pilih Tempat yang Tepat

Untuk mendapat foto malam hari yang pas, pilih tempat yang tepat, sebab tidak semua tempat bisa menyajikan sudut pandang yang bagus saat difoto.

Ilustrasi: Lokasi foto untuk malam hari (Liputan6.com/Yoppy Renanto)

7. Edit Foto

Untuk menghasilkan foto yang bagus, kamu bisa memoles foto dengan aplikasi edit foto. Kamu bisa mengubah tingkat kecerahan atau menambah efek pada foto-foto yang telah diambil.

Aplikasi Edit Foto Pixlr Supaya Foto Lebaran Makin Oke - Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin//Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.