Ups, Face ID iPhone X Berhasil Dijebol

Oleh Andina Librianty pada 14 Nov 2017, 09:30 WIB
iPhone X

Liputan6.com, Jakarta - Keamanan fitur pemindai wajah iPhone X, Face ID, berhasil dijebol melalui sebuah "tipuan" topeng wajah. Sebuah perusahaan keamanan Vietnam bernama Bkav, berhasil mengecoh sistem Face ID.

Dilansir Softpedia, Selasa (14/11/2017), Bkav melalui sebuah percobaan membuktikan bahwa sistem Face ID bisa dikecoh. Untuk membuktikannya, Bkav dengan bantuan topeng khusus yang dibuat menyerupai wajah seorang pemilik iPhone, berhasil melakukan hal tersebut.

Topeng wajah tersebut menggunakan campuran frame 3D, gambar 2D dan hidung silikon. Topeng itu juga didandani sedemikian rupa agar bisa mengecoh Face ID. Bkav memoles beberapa bagian wajah tertentu agar bisa lolos dari proses pengenalan wajah Face ID.

Keberhasilan Bkav ini memunculkan pernyataan mengenai tingkat keamanan Face ID. Apple sendiri memang tidak menjamin sistem Face ID aman 100 persen, tapi memang lebih baik daripada Touch ID.

Apple mengklaim tingkat error pada Face ID 1:1.000.000, sedangkan Touch ID 1:50.000. Berbeda dengan Touch ID yang bisa digunakan oleh beberapa orang berbeda, Face ID hanya bisa mengenali satu wajah saja.

1 of 2

Sejumlah iPhone X alami masalah garis hijau pada layar

Face ID adalah salah satu fitur unggulan dari smartphone flagship Apple, iPhone X. Analis memperkirakan permintaan terhadap iPhone X akan semakin tumbuh hingga tahun depan.

Di tengah popularitasnya, sejumlah iPhone X mengalami masalah. Setidaknya ada satu masalah yang cukup mengganggu, yaitu kemunculan garis hijau tegak lurus pada layar iPhone X.

Beberapa pengguna iPhone X melihat ada garis berwarna hijau di sisi kanan atau kiri pada panel OLED smartphone tersebut. Diduga ada masalah dengan sistem kelistrikan iPhone X, sehingga menyebabkan garis hijau bermunculan pada layar. Garis itu berbentuk lurus mulai dari sisi atas hingga bawah layar.

Para pengguna yang mengalami masalah tersebut segera membawa smartphone mereka ke Apple Store. Berdasarkan keterangan sejumlah pengguna, garis hijau itu bukan sebuah masalah yang bisa diselesaikan dengan pembaruan software. Beruntung, pihak Apple bersedia menggantikan iPhone X yang bermasalah itu dengan unit baru.

Sejauh ini diketahui sebanyak 25 pemilik iPhone X mengunggah gambar smartphone mereka yang bermasalah itu di media sosial dan laman dukungan pelanggan Apple.

"Saya sedang menggunakan ponsel baru ini dan tiba-tiba hal ini terjadi (muncul garis hijau). Warnanya sangat terang dan berada di sisi kanan ponsel saya," tulis salah seorang pemilik iPhone X.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓