Sukses

Twitter Berbenah, Pengguna Kini Bisa Berkicau 280 Karakter

Twitter baru saja mengumumkan kini pengguna sudah bisa memperpanjang kicauannya dari 140 karakter menjadi 280 karakter.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter akhirnya resmi menambah batasan karakter yang dapat ditulis pengguna di platformnya. Situs microblogging itu kini memungkinkan pengguna untuk menulis kicauan hingga 280 karakter.

Sebelumnya, fitur ini sudah lebih dulu diuji coba pada September 2017. Ketika itu, Twitter baru menggulirkan kemampuan anyar ini pada beberapa pengguna saja.

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu (8/11/2017), fitur ini akan meluncur secara bertahap untuk seluruh pengguna dan mendukung hampir seluruh bahasa, kecuali Jepang, Korea, dan Mandarin.

Alasannya, satu karakter dalam tiga bahasa tersebut dianggap sudah mencakup banyak informasi. Sementara, bahasa lain membutuhkan karakter lebih panjang untuk menyampaikan sesuatu hal. 

Keputusan untuk memperbarui kemampuan ini tak lepas dari kebiasaan para penguna. Menurut Twitter, banyak pengguna yang berkicau dalam bahasa seadanya karena batasan karakter yang ada di layanan tersebut.

"Penelitian kami menunjukkan kurangnya batas karakter membuat orang yang berkicau dalam bahasa seadanya," ujar Product Manager Twitter, Aliza Rosen beberapa waktu lalu.

Untuk itu, penambahan ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk berkicau. CEO Twitter, Jack Dorsey juga menyuarakan rasa gembiranya terhadap penambahan batas kicauan di Twitter.

Menurutnya, perubahan kecil ini adalah langkah besar dan mengapresiasi timnya dalam menyelesaikan masalah di Twitter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyulut kontroversi

Kendati demikian, keputusan ini ternyata menuai kontroversi dari sejumlah pengguna. Mereka beralasan, pembatasan karakter merupakan merupakan ciri khas Twitter sehingga pengguna perlu memutar otak untuk membuat kicauan yang baik.

Tak hanya itu, banyak juga yang berpendapat penambahan jumlah kicauan menjadi 280 karakter membuat Twitter kian sulit dibaca. Sebab, tweet yang diunggah akan tampil lebih panjang dari biasanya.

Di sisi lain, ada pula yang meminta Twitter lebih fokus pada fitur yang diminta oleh pengguna. Salah satunya adalah mengatasi kicauan yang bernada pelecahan, intimidasi, atau perundungan.

Banyak pula yang menyebut karakter yang lebih panjang tak benar-benar menjadikan seseorang mengekspresikan dirinya dengan lebih baik. Mereka sebenarnya berbicara tentang hal yang sama, tapi memakai kata lebih banyak.

Seorang warganet bahkan sempat membuat guyonan dari kicauan CEO Twitter Jack Dorsey dengan 280 karakter. Jadi, ia menyunting kicauan tersebut hingga menjadi 140 karakter--seperti batasan Twitter sebelumnya--tanpa kehilangan arti tweet itu sendiri.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.