Sukses

Tambah Fitur, Google Assistant Kini Dapat Kenali Lagu

Kini, Google Assistant dapat mengenali lagu yang sedang diputar.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali menambah daftar kemampuan yang ada di asisten virtual besutannya, Google Assistant. Kali ini, sama seperti Siri, Google Assistant dapat mengenali lagu yang sedang diputar.

Dikutip dari The Verge, Kamis (9/11/2017), pengguna dapat memberi perintah "what song is this?" atau "what song is playing" saat Google Assistant terbuka.

Lalu, asisten virtual ini akan memberikan nama lagu dan penyanyi termasuk sejumlah tautan ke Spotify atau YouTube.

Dengan kehadiran fitur ini, Google Assistant dapat berfungsi layaknya aplikasi dengan fungsi sejenis, seperti Shazam atau SoundHound, untuk mengenali lagu yang sedang diputar. Jadi, pengguna perangkat Android akan mendapat akses lebih mudah saat tengah mencari lagu.

Akan tetapi, fitur ini belum menyambangi seluruh perangkat Android yang sudah memiliki Google Assistant terbaru. Besar kemungkinkan, Google baru akan meluncurkan kemampuan ini secara bertahap untuk perangkat Android.

Sekadar informasi, kemampuan semacam ini sebenarnya telah ada di Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Kemampuan bernama "Now Playing" ini memungkinkan perangkat tersebut mengenali lagu yang sedang diputar dalam keadaan terkunci.

Bahkan, perusahaan menuturkan, fitur ini dapat berjalan tanpa koneksi internet sekalipun. Raksasa internet itu juga memastikan tak ada data yang disimpan perusahaan karena seluruhnya ada di dalam perangkat.

Untuk menambah kemampuan fitur ini, Google juga berencana menambah daftar lagu yang dapat dikenali ke depannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siri sudah memilki kemampuan ini

Kemampuan serupa sebenarnya telah dimiliki oleh Siri, asisten virtual besutan Apple sejak 2014. Untuk mendukung fitur tersebut, Apple bekerja sama dengan Shazam yang memiliki kemampuan mengenali lagu.

Bahkan, fitur ini sendiri sebenarnya telah cukup lama ada di Siri. Apple meluncurkan fitur ini bersamaan dengan digulirkannya iOS 8 pada 2014.

Berikan perintah suara "what song is this?", lalu Siri akan meminta waktu sebentar untuk mendengarkan lagu yang dimaksud. Tak lama kemudian, asisten virtual tersebut akan memberi tahu penyanyi dan judul lagunya.

Terbaru, asisten virtual tersebut dapat membuatkan playlist bagi penggunanya. Kemampuan Siri sebagai DJ ini hadir di iOS 11. Apple membekali Siri dengan kecerdasan buatan untuk dapat memutar musik yang diminta pengguna.

"Siri di iOS 11 akan dapat memutar musik favoritmu, dan bisa memutar playlist yang kamu inginkan. Menariknya, kamu bisa memintanya memutar musik sesuai mood, aktivitas, dan juga genre," tulis Apple beberapa waktu lalu.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.