Sukses

Ini Alasan Tak Perlu Matikan Komputer di Malam Hari

Bagi kamu yang selalu mematikan komputer di malam hari atau usai bekerja, sebaiknya hindari. Ingin tahu alasannya? Simak berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita pasti memiliki komputer, atau paling tidak, menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi, melakukan pekerjaan tanpa komputer akan terasa lebih lambat. 

Jenis komputer apa yang kamu gunakan? Komputer dekstop, laptop/notebook, atau tablet? Bagi yang mengandalkan komputer atau laptop untuk bekerja, kita pasti terbiasa untuk mematikannya (shut down) usai digunakan.

Nah, ada mitos yang menyebutkan bahwa sebetulnya kita tak perlu mematikan komputer setelah digunakan. Benarkah? Apa alasannya?

Menurut informasi yang dikutip dari LatestHackingNews, mitos tersebut pertama kali muncul saat komputer pertama kali hadir. Ketika itu komputer belum punya ketahanan baik, terutama pada bagian hard disk.

Maka itu, banyak orang beranggapan bahwa tak baik membiarkan komputer menyala selama 24 jam penuh. Apakah mitos ini berlaku di era digital kini? 

Sayangnya ya. Bahkan mitos ini banyak diamini oleh masyarakat sehingga mereka enggan menyalakannya selama 24 jam.

Namun kenyataannya, komputer modern kini dibekali dengan ketahanan kuat. Meskipun menyala 24 jam, hal ini tidak akan masalah bagi komputer.

Kamu bahkan bisa melakukan banyak hal dengan membiarkannya menyala semalaman. Misalnya, unduh file berukuran besar, melakukan render, dan encode video.

Bagaimana? Kira-kira apa lagi yang bisa kamu lakukan selanjutnya?

(Cas/Isk)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.