Sukses

Samsung Besut 2 Sensor Kamera Anyar untuk Galaxy S9

2 sensor kamera terbaru ini mengusung teknologi canggih, di antaranya memiliki kemampuan menjepret momen secepat kedipan mata manusia.

Liputan6.com, Seoul - Samsung dilaporkan tengah membesut sensor kamera terbaru untuk Galaxy S9. Kabarnya, raksasa teknologi asal Negeri Ginseng tersebut akan menyiapkan sepasang sensor kamera anyar yang masing-masing dibekali resolusi 12MP dan 24MP.

Berbeda dengan sensor kamera Samsung sebelumnya, kedua sensor ini mengusung ukuran tipis. Dengan demikian, modul kamera smartphone kemungkinan bisa rata dengan bodi smartphone. Jika benar begitu, bisa jadi Galaxy S9 akan memiliki kamera dengan bentuk datar dan tidak menonjol.

Menurut yang dilansir DPReview, Senin (16/10/2017), sensor 12MP bernama ISOCELL Fast 2L9, memiliki teknologi Dual-Pixel untuk autofocus yang lebih tangkas.

Ia juga menggunakan fotodioda di setiap piksel pada sensor kamera, agar bisa mendeteksi jarak subjek secara instan. Bisa dibilang, cara kerja sensor ini menyamai dengan mata manusia.

"Sensor dilengkapi dengan 12 juta piksel pendeteksi fokus. Sensor tak cuma bisa mengunci fokus dengan cepat di objek stabil berukuran kecil, tetapi juga dapat mengunci dan melacak objek bergerak tanpa harus kehilangan fokus dalam kondisi low-light sekalipun," tulis Samsung menerangkan.

Teknologi Dual-Pixel ini, nantinya juga dapat menciptakan efek Depth-of-Field alias bokeh hanya dengan satu kamera.

Dengan demikian, Galaxy S9 kemungkinan tak lagi mengusung kamera ganda jika sensor kameranya sudah mengusung teknologi tersebut.

Selain itu, tiap piksel sensor ISOCELL Fast 2L9 berukuran 1,28 nanometer dan lebih kecil dibandingkan 1,4 nanometer yang ada di sensor kamera flagship smartphone Samsung sekarang.

Sementara, sensor kedua bernama ISOCELL SLIM 2X7, mengusung resolusi 24MP. Ukuran pikselnya lebih kecil lagi, yaitu di angka 0,9 nanometer.

Jadi, semakin besar ukuran piksel, biasanya semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan, begitu pun sebaliknya. Di sensor ini, Samsung juga menyematkan teknologi Deep Trench Isolation untuk bisa mengurangi crosstalk antar piksel yang bisa meningkatkan kualitas gambar.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.