Sukses

Semua Model iPhone 2018 Tak Dibekali Pemindai Sidik Jari?

Apple diprediksi tidak lagi akan menggunakan sensor pemindai sidik jari untuk seri iPhone terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Apple diprediksi tidak lagi akan menggunakan sensor pemindai sidik jari untuk seri iPhone terbaru. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu akan menerapkan konsep desain seperti iPhone X, yang tidak memiliki fitur tersebut.

Dilansir Phone Arena, Jumat (13/10/2017), analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, memperkirakan Touch ID yang memulai debutnya pada iPhone 5s tidak lagi akan menghiasi jajaran smartphone terbaru Apple. Nasib Touch ID akan sama seperti headphone jack 3,5mm yang telah pensiun pada iPhone.

Menurut Kuo, semua model iPhone yang akan diumumkan pada tahun depan akan memiliki TruDepth Camera dan Face ID. Sebelumnya ia juga pernah mengatakan, iPad Pro 2018 akan meluncur dengan kedua fitur tersebut.

Apple sendiri sebenarnya bukan vendor pertama yang merilis pemindai sidik jari pada smartphone. Motorola Atrix telah memiliki fitur tersebut lebih dahulu. Namun, memang sejak iPhone dilengkapi pemindai sidik jari, fitur tersebut dinilai kian populer.

Para vendor lain mengikuti langkah Apple dan kini sekira 70 persen smartphone Android yang akan meluncur pada tahun depan diprediksi memiliki pemindai sidik jari.

Touch ID bukan fitur satu-satunya fitur Apple yang dilirik vendor lain. Sebelumnya, Kuo pernah mengatakan para manufaktur Android telah mengalihkan fokus mereka dari pemindai sidik jari pada layar ke fitur serupa TrueDepth Camera yang dimiliki iPhone X. Fitur semacam ini berfungsi untuk menghadirkan sistem pengenalan wajah seperti Face ID.

Untuk saat ini, smartphone Apple yang memiliki fitur Face ID hanya iPhone X. iPhone 8 dan 8 Plus yang diumumkan bersamaan dengan iPhone X, masih dilengkapi Touch ID, tapi tanpa Face ID.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.