Sukses

Hadapi Persaingan, Advan Fokus ke Smartphone Kelas Menengah

Bagaimana strategi Advan menghadapi persaingan di pasar smartphone kelas menengah?

Liputan6.com, Jakarta - Advan baru saja meluncurkan smartphone kamera ganda A8. Selain kemampuan kamera yang baik, smartphone ini juga dibekali fitur keamanan tinggi yang dikembangkan oleh Advan.

Advan A8 telah dijual di pasaran dengan harga Rp 2,999 jutaan. Dibandingkan smartphone Advan sebelumnya, A8 masuk dalam kelas mid-range atau menengah. Diungkapkan oleh Operational Director Advan Candra Tansri, dalam merilis produknya, vendor lokal ini berupaya untuk sekali memberikan jawaban pada kebutuhan konsumennya.

"Produk yang dirilis merupakan jawaban dari kebutuhan konsumen, sehingga kebutuhan mereka dapat terpenuhi," kata Chandra dalam peluncuran smartphone Advan A8 di Jakarta, Kamis (12/10/2017) malam.

Lebih lanjut, dia mengatakan, saat ini Advan mulai memfokuskan diri pada produk-produk kelas menengah ke atas atau mid-range.

"Di Indonesia, segmen menengah ke atas itu pasarnya generasi muda. Daya beli yang terus meningkat akan membuat pasar smartphone naik ke kelas menengah dan atas. Oleh karenanya, dalam produk, strategi Advan fokus untuk menjawab kebutuhan konsumen di kelas menengah ke atas," kata Chandra.

Strategi ini dipilih Advan untuk bersaing dengan brand global pada pasar smartphone kelas menengah ke atas.

Sekadar diketahui, Advan selama ini memiliki beberapa jenis produk yang dikembangkan dan menyebutnya AGIS.

"Produk tipe A merupakan seri flagship, product technology yang diberikan bersifat premium dengan range harga Rp 3 jutaan. Kemudian yang kedua adalah tipe G, ini produk menengah dengan harga antara Rp 2 hingga 3 jutaan dan fokusnya adalah untuk memenuhi kebutuhan anak-anak muda," kata Chandra menjelaskan.

Model memamerkan smartphone kamera ganda Advan A8 yang dibekali fitur keamanan mutakhir. Advan A8 diluncurkan di Jakarta, Kamis (12/10/2017)

Tipe selanjutnya, menurut Chandra adalah Tipe I. Yang termasuk dalam tipe ini adalah smartphone yang konektivitasnya sudah 4G dan hadir untuk menyasar kebutuhan konsumen pengguna internet. Ada pun pada tipe ini, Advan membanderolnya dengan range harga Rp 1 hingga 2 juta.

Terakhir, adalah tipe S yang merupakan smartphone entry level. Menurut Chandra, smartphone ini menyasar pengguna feature phone yang baru beralih dan baru mulai belajar menggunakan smartphone. Produk ini hadir dengan harga Rp 1 jutaan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.