Sukses

Login Akun Facebook Bakal Pakai Fitur Pengenal Wajah

Facebook sedang menguji coba fitur pengenalan wajah untuk membantu proses autentikasi saat login.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan fitur pengenal wajah (facial recognition) kian berkembang. Tidak hanya untuk membuka kunci smartphone, jejaring sosial raksasa Facebook kini dilaporkan tengah mengembangkan pengenal wajah untuk proses login.

Mengutip Tech Crunch, Senin (2/10/2017), hal ini pertama kalinya berdasarkan screenshot yang dikirimkan oleh peneliti media sosial Devesh Logendran kepada jurnalis The Next Web Matt Navarra. Saat dikonfirmasi pada Facebook, perusahaan besutan Mark Zuckerberg cs itu pun memberikan konfirmasi.

"Kami tengah menguji coba sebuah fitur baru bagi (sekelompok) pengguna yang ingin memverifikasi akun mereka dengan cepat dan mudah," kata Facebook.

Lebih lanjut disebutkan, fitur ini bersifat opsional dan hanya akan tersedia pada perangkat yang telah digunakan untuk login. "Ini merupakan langkah lain yang dapat digunakan bersamaan dengan otentikasi SMS untuk memastikan pemilik akun bisa mengonfirmasi identitas mereka," tulis Facebook dalam pernyataan.

Jika fitur ini terbukti bisa membantu pengguna dan tak tertembus oleh hacker, kemungkinan besar Facebook akan merilisnya untuk semua pengguna.

Fitur pengenal wajah yang sedang diuji coba oleh Facebook (Sumber: Tech Cruch)

Selama bertahun-tahun, Facebook memang telah menjajal berbagai cara untuk membantu pengguna login kembali ke akun mereka dengan aman.

Salah satunya, beberapa waktu lalu media sosial itu menyuruh pengguna mengidentifkasi foto teman-teman di Facebook untuk memastikan pengguna tersebut adalah pemilik akun yang sah.

Sekadar diketahui, Facebook telah memiliki fitur pengenalan wajah yang menyarankan pengguna saat menandai (tag) foto. Kini, dengan uji coba fitur pengenal wajah untuk autentikasi akun, kemungkinan akun Facebook akan menjadi lebih aman. Sayang, belum ada tanggal pasti kapan fitur ini bakal hadir.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.