Sukses

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Menggema di Linimasa Twitter

Cuitan warganet soal Hari Kesaktian Pancasila dilakukan ditujukan untuk mengenang aksi peristiwa G30S/PKI.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari ini, Minggu (1/10/2017), menjadi trending topic Twitter di Indonesia.

Pantauan Tekno Liputan6.com per pukul 10.28 WIB, "Hari Kesaktian Pancasila" memuncaki posisi pertama trending topic di media sosial microblogging tersebut.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila juga berlangsung di halaman Monumen Pancasila Sakti, kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara yang berlangsung pada pukul 07.50 WIB tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi. Hadir pula Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla serta sang istri, Mufidah Kalla.

Sekadar informasi, Hari Kesaktian Pancasila adalah hari peringatan peristiwa G30S/PKI, di mana saat itu terjadi aksi keji pembunuhan para Jenderal, seperti DI Panjaitan, Ahmad Yani, MT Haryono, S. Parman, Soeprapto, dan Sutoyo Siswomiharjo.

Pemerintah Orde Baru diketahui menjadikan Partai Komunis Indonesia (PKI) sebagai 'dalang' dari peristiwa mengenaskan tersebut. Bahkan, peristiwa ini diadaptasi dalam film berjudul Penumpasan Pengkhianat G30S/PKI garapan sutradara Arifin C Noer.

Adapun Hari Kesaktian Pancasila bisa menjadi [trending topic](3049195 "") berkat banyaknya kicauan warganet. Kebanyakan berharap, semoga dengan adanya peringatan ini, nilai-nilai kemanusiaan di Republik Indonesia bisa semaki ditegakkan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kicauan warganet soal peringatan Hari Kesaktian Pancasila:

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.