Sukses

Pengguna Instagram Kini Bisa Tangkal Komentar Negatif

Lewat fitur terbaru Instagram, pengguna kini bisa menangkal komentar negatif. Simak caranya berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram resmi mengumumkan kampanye bertajuk #KomenBaik dalam rangka melawan cyberbullying yang kian marak terjadi.

Tak cuma hadir dalam bentuk mural karya seniman Indonesia, kampanye #KomenBaik juga menggulirkan tool terbaru yang bisa digunakan oleh pengguna Instagram.

Dijelaskan oleh Director of Community Instagram Amanda Kelso, tool yang hadir di Instagram Live adalah fitur yang memperkenankan pengguna mengontrol komentar negatif pada unggahannya, mulai dari semua pengguna hingga grup tertentu.

"Pengguna bisa memilih siapa pun yang bisa mengomentari posting-an, baik yang mereka ikuti atau pengikut mereka," jelas Amanda saat peluncuran kampanye #KomenBaik di Tribeca Park, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Tool ini menariknya bisa digunakan semua pengguna akun, baik itu privat atau publik. Caranya juga mudah, yaitu hanya perlu mengakses tool dengan masuk ke menu "Settings", lalu pilih "Comments".

Selain fitur pengontrol komentar, Instagram juga menghadirkan fitur pelaporan anonim di siaran Live. Jika pada suatu siaran Live tertentu si pengguna mendapati komentar-komentar negatif, ia bisa melaporkan akun tersebut secara anonim.

Jadi, saat siaran, pengguna akan ditawarkan pesan dengan pilihan untuk menghubungi saluran bantuan, teman, atau meminta dukungan lain. Instagram juga telah memiliki tim khusus yang menangani hal tersebut dalam 24 jam sehari.

Sekadar informasi, tool keamanan ini sengaja diperkuat untuk membantu pengguna yang mengalami kejadian cyberbullying baik secara langsung dalam siaran Live, maupun tidak langsung via kolom komentar. Karena itu, Amanda menegaskan pihaknya tak akan lengah untuk terus menumpas segala sesuatu berbau negatif seperti cyberbullying di Instagram.

"Kami telah membangun salah satu aplikasi yang paling aman. Secara konsisten, kami terus memperkenalkan perangkat keamanan dan well-being, seperti penyaring komentar, laporan di dalam aplikasi, otentikasi ganda, fitur pengontrol komentar, pelaporan anonim dalam Live, dan masih banyak lagi," lanjut Amanda.

"Dengan begitu, kami yakin komunitas pengguna Instagram bisa lebih memiliki kemampuan yang besar untuk menciptakan perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.