Sukses

5 Smartphone Paling Revolusioner dalam Satu Dekade Terakhir

Berikut ini daftar smartphone revolusioner yang tampil mencolok dalam sepuluh tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan ponsel dalam sepuluh tahun terakhir telah berkembang dengan pesat. Hal itu memang tak lepas dari beragam inovasi yang dikembangkan para manufaktur ponsel.

Meski setiap perusahaan memiliki inovasi untuk produknya masing-masing, nyatanya ada beberapa produk yang hadir dengan inovasi revolusioner. Alasannya, produk tersebut berhasil tampil dengan teknologi yang benar-benar baru.

Bahkan, tak jarang produk tersebut tampil dengan teknologi berbeda dari perangkat lain pada masanya. Lantas, apa saja ponsel yang pantas mendapat predikat sebagai produk revolusioner?

Berikut ini daftar lima ponsel revolusioner seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (18/9/2017). Sekadar catatan, sebenarnya ada beberapa produk yang pantas menyandang predikat ini, tapi dalam daftar ini memang dipilih produk yang benar-benar mencolok.

1. iPhone 4

Mengusung desain yang mirip dengan versi perdana, iPhone 4 merupakan seri terakhir yang diperkenalkan oleh Steve Jobs secara langsung. Lantas, apa yang menjadikan perangkat ini revolusioner?

Salah satu fitur utama adalah penggunaan Retina Dispay. Teknologi itu memungkinkan resolusi tampilan layar perangkat ini menjadi paling tinggi saat pertama kali diumumkan. Di sisi lain, perangkat high-end pada saat itu masih menggunakan layar beresolusi WVGA.

Sebagai tambahan, iPhone 4 merupakan perangkat yang sudah mendukung fitur FaceTime untuk kali pertama. Kehadiran fitur ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan video secara lebih mulus ketimbang aplikasi serupa ketika itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Google Nexus

Alasan seri lini smartphone ini begitu menarik karena Google benar-benar mendukung penuh pengembangannya. Perusahaan itu turut terjun mulai dari pengembangan hingga pemasaran dari seri Nexus.

Tak hanya itu, kehadiran seri Nexus seakan menjadi oase bagi pengguna Android yang ingin merasakan pengalaman konsisten memakai sistem operasi tersebut. Untuk diketahui, saat itu banyak manufaktur memilih untuk membenamkan sistem operasi modifikasi berbasis Android di perangkatnya.

Selain software, perangkat lini Nexus juga hadir dengan hardware dan desain mumpuni yang dapat bersaing dengan perangkat premium lainnya. Perangkat ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Samsung Galaxy Note

Tren layar smartphone memang tak dimungkiri kian besar seiring perjalanan waktu. Namun saat meluncur pertama kali pada 2011, Samsung benar-benar melakukan perubahan besar-besaran dari sisi layar.

Hadir sebagai jenis baru bernama phablet, gabungan antara phone (ponsel) dan tablet, ukuran layar Galaxy Note memang jauh melebihi ukuran layar smartphone ketika itu.

Meski terbilang tak biasa, perangkat ini nyatanya dengan cepat menjadi daya tarik bagi pengguna, bahkan berhasil menarik penggemar setia.

Tak sampai di situ, saat tren stylus sudah mulai menurun, Samsung malah membenamkannya di perangkat ini dengan memakai nama S Pen dan menjadi ciri khas yang melekat di perangkat tersebut sampai saat ini. 

3 dari 3 halaman

4. Motorola DROID

Memulai debut pada 2009, perangkat ini tampil dengan desain yang tak biasa. Motorola menggunakan keyboard QWERTY fisik yang dapat digeser pada perangkat ini, sesuatu yang sudah jarang ada di smartphone kebanyakan saat ini.

Tak sekadar desain, smartphone ini juga mengusung spesifikasi yang terbilang tinggi pada masanya. Smartphone ini juga memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi pada home screen, melakukan multitask, termasuk mengganti baterai perangkat.

5. iPhone Generasi Pertama

Masuknya iPhone dalam daftar ini bukan sesuatu yang mengejutkan. Apple berhasil membuat sebuah pondasi baru dalam pengembangan smartphone saat meluncurkan iPhone pada 2007.

Sebelum iPhone, smartphone dikenal sebagai perangkat yang besar dan tak begitu intuitif. Namun saat iPhone rilis, perangkat ini tampil kebalikan dari pandangan umum ketika itu.

Perangkat ini menggunakan layar sentuh untuk navigasi dan memperkenalkan teknologi multi-touch. Sejumlah fitur lain seperti zoom gesture dan kinetic scrolling juga sebenarnya hadir pertama kali di iPhone generasi pertama ini.

(Dam/Isk)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.