Nokia 3, 5, dan 6 Akhirnya Sambangi Indonesia, Berapa Harganya?

Oleh Jeko Iqbal Reza pada 14 Sep 2017, 14:22 WIB
Nokia

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak tahu Nokia? Lama malang melintang, Nokia sempat dinobatkan menjadi "raja" ponsel dunia. Sayang, beberapa tahun terakhir, vendor asal Finlandia ini malah terseok-seok seiring munculnya vendor smartphone baru.

Windows Phone yang waktu itu menjadi sistem operasi andalannya, juga tidak dapat bertahan lama. Antusiasme pasar pun kian menurun akibat ketatnya kompetisi antar sistem operasi seperti iOS dan Android. Nokia pun perlahan tenggelam.

Namun kini, Nokia akhirnya menggebrak pasar dengan smartphone Android. Bersama HMD Global selaku mitra manufaktur, Nokia lahir kembali dengan deretan smartphone Android terbaru: Nokia 3, 5, dan 6.

Seperti disampaikan Mark Trundle, Country Manager HMD Global Indonesia, banyak orang Indonesia bertanya kapan smartphone terbaru Nokia menyambangi Indonesia. Ini menandakan, antusiasme pasar lokal masih tinggi terhadap "come back" smartphone Nokia.

"Saat kami mengumumkan di Mobile World Congress, banyak orang Indonesia bertanya kapan kami hadir di sini. Hari ini Nokia kembali hadir di Indonesia," kata Mark Trundle, Country Manager HMD Indonesia, saat acara peluncuran di Jakarta, Kamis (14/9/2017)

Nokia 3 sendiri adalah seri paling 'muda' dibanding yang lain. Smartphone ini punya bentang layar 5 inci dengan resolusi HD. Layarnya diperkuat Gorilla Glass 2,5D.

Dapur pacu smartphone ini diperkuat prosesor quad core MediaTek MT 6737, RAM 2 GB, memori internal 16 GB yang disertai slot microSD dan fingerprint. Kapasitas dayanya diperkuat baterai 2.650 mAh. Untuk kamera, lensa depan dan belakangnya 8MP.

Beranjak ke Nokia 5, smartphone mengusung desain metal unibodi. Layarnya 5,2 inci dengan resolusi 720p dan dibekali Gorilla Glass 2,5D.

Jeroannya sendiri ditopang prosesor octa core Snapdragon 430 dan RAM 2GB. Ia dilengkapi memori internal 16GB dan slot microSD. Untuk urusan baterai, Nokia 5 mengusung baterai 3.000 mAh, kamera 13MP, kamera depan 8MP serta fingerprint.

Adapun Nokia 6 mengusung layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080p yang juga dibalut Gorilla Glass 2,5D. Dapur pacunya dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 4 GB dan memori internal 64GB. Ia pun dilengkapi dual amplifier dan Dolby Atmos yang mampu menghasilkan kualitas suara 6dB lebih keras.

Pada sektor kamera, Nokia 6 punya kamera utama resolusi 16MP serta kamera depan 8MP. Untuk kapasitas daya, seri yang satu ini dibekali baterai 3.000mAh

Trundle mengungkap, untuk saat ini Nokia 3 lebih dulu yang akan menyambangi pasar Indonesia. Ia dibanderol seharga Rp 1,8 jutaan dan akan dijual mulai awal Oktober 2017. Sayangnya, ia tidak mengungkap harga dan jadwal pasti Nokia 5 dan 6.

"Nokia 5 dan 6 akan menyusul dalam waktu dekat di akhir Oktober," pungkasnya.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: