Simak Perbedaan Utama iPhone X dan iPhone 8

Oleh Agustinus Mario Damar pada 13 Sep 2017, 10:45 WIB
iPhone X

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan kehadiran tiga iPhone terbaru, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X (disebut sebagai iPhone 10). Pengumuman ini menarik karena Apple melakukan perubahan pola penamaan. 

Alih-alih memperkenalkan iPhone 7s, perusahaan itu langsung memperkenalkan iPhone 8 dan iPhone 10 yang diberi nama iPhone X. Lantas, apa yang membedakan kedua seri terbaru tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan itu, berikut ini ulasan singkat mengenai pembeda dari seri iPhone X dan iPhone 8 yang dikutip dari laman CNET, Rabu (13/9/2017). 

Sekadar informasi, iPhone X memang ditujukan sebagai penanda kiprah satu dekade iPhone. Sementara iPhone 8 merupakan penerus langsung dari iPhone 7 yang rilis tahun lalu. 

1. Memakai layar OLED dengan HDR

Untuk kali pertama, Apple menggunakan layar OLED untuk iPhone X. Berbeda dari iPhone 8 dan iPhone 8  Plus yang masih memakai layar IPS LCD. Penggunaan layar OLED ini menghasilkan contrast ratio yang cukup tinggi mencapai 1.000.000:1.

Adapun di layar OLED yang disebut sebagai Super Retina HD Display ini dapat memproduksi warna hitam yang lebih pekat. Selain tampilan yang kian apik, penggunaan OLED juga membuat konsumsi baterai lebih efisien.

2. Dual OIS

Meski sama-sama mengusung lensa ganda, iPhone X memiliki keunggulan ketimbang saudaranya iPhone 8 Plus. Alasannya, Apple membekali iPhone X dengan optical image stabilization (OIS) di kedua lensa. Sementara iPhone 8 hanya memiliki OIS di lensa wide angle.

Selain OIS, lensa tele iPhone X juga mampu menangkap gambar lebih baik. Sebab, berbeda dari iPhone 8 Plus yang memiliki aperture f/2.8, iPhone X memiliki lensa tele dengan aperture f/2.4 untuk menghasilkan gambar lebih baik dalam keadaan low light.

 

1 of 3

3. Face ID

Mengingat iPhone X mengusung desain bezeless, Apple pun memilih meniadakan tombol fisik yang biasa digunakan untuk membuka perangkat. Sebagai gantinya, perusahaan tersebut memperkenalkan fitur Face ID.

Sesuai namanya, fitur ini memanfaatkan pemindaian wajah pengguna. Untuk mendukung kinerja, Apple pun menggunakan teknologi baru bernama TrueDepth yang terdiri kamera dan sejumlah sensor untuk memindai wajah.

4. Portrait mode dengan kamera depan

Berbekal sensor yang ada di bagian depan, iPhone X juga dapat menangkap gambar dalam modus portrait melalui kamera depan. Sebelumnya, modus portrait hanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan kamera utama iPhone 7 Plus termasuk iPhone 8 Plus.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Portrait Lighting dengan kamera depan. Meski masih tahap beta, fitur ini memungkinkan pengguna mengatur pencahayaan tangkapan gambar sesuai kebutuhan. 

2 of 3

5. Animoji

Kemampuan Animoji di iPhone X juga tak lepas dari teknologi TrueDepth yang dapat membaca dan menganalis lebih dari 50 pergerakan otot yang berbeda. Dengan fitur ini, pengguna dapat memindai wajahnya dan diubah menjadi emoji animasi.

Nantinya, Animoji dapat digunakan saat berkirim pesan melalui iMessage. Tak hanya menangkap gerakan wajah, pengguna juga dapat menambah rekaman suara di emoji tersebut hingga tampil lebih menarik.

(Dam/Isk)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓