Sukses

Galaxy S9 Bakal Jadi Smartphone Modular?

Penerus Galaxy S8 yakni Galaxy S9 dikabarkan hadir dengan desain modular, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone Korea Selatan, Samsung , telah merilis Galaxy S8 pada April 2017 dengan desain inovatif yang disebut Infinity Display.

Desain ini bisa dibilang tanpa bezel dan berhasil membuat Galaxy S8 mendapatkan review positif di berbagai media teknologi. Setelah kesuksesan Galaxy S8, apa langkah Samsung selanjutnya untuk menghadirkan penerusnya yang digadang-gadang sebagai Galaxy S9?

Mengutip Gizmochina, Rabu (23/8/2017), Galaxy S9 dipercaya jadi flagship smartphone Samsung seri S yang akan dirilis tahun depan. Baru-baru ini, sebuah rumor menyebut Galaxy S9 akan hadir dengan desain modular alias bongkar pasang.

Kabar ini memang masih terlalu dini, apalagi Samsung kini hendak merilis Galaxy Note 8. Namun, kabar tentang smartphone bongkar pasang Galaxy S9 mulanya datang dari blogger Rusia Eldar Murtazin (@eldarmurtazin) yang juga pemimpin redaksi laman mobile-review.com.

Menurut Murtazin, Galaxy S9 mungkin saja hadir dengan desain modular yang memungkinkan pengguna bisa menempelkan beberapa aksesori pada smartphone mereka. Misalnya saja baterai atau kamera, layaknya aksesoris modular Moto Mods milik Motorola.

Sayangnya, blogger tersebut tidak mengungkapkan lebih lanjut tentang kabar ini. Meski begitu dia menyebut, desain modular belum tentu dihadirkan pada Galaxy S9. Artinya bisa jadi benar dan bisa jadi tidak.

Desain modular bukan hanya diusung Motorola, tetapi juga smartphone besutan Bapak Android Essential Phone 1 yang menyuguhkan desain tanpa bezel dan aksesoris modular.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Spesifikasi Galaxy S9

Sekadar informasi, sejauh ini informasi yang beredar menyebut, Galaxy S9 akan diperkuat prosesor terbaru dengan proses 7nm, Snapdragon 845 dan prosesor Samsung Exynos dengan proses 8nm.

Smartphone ini diramalkan dibekali RAM 6GB atau 8GB serta fitur kamera ganda untuk menunjang kemampuan fotonya.

Sebelumnya disebut juga Galaxy S9 memiliki layar mirip pendahulunya yang berukuran 5,77 inci. Sementara, Galaxy S9 Plus hadir dengan layar 6,2 inci. Keduanya diperkirakan memiliki sensor sidik jari yang tertanam di layar.

Dari kedua model, versi standar memiliki kode nama Star, sedangkan kode nama versi "jumbo" adalah Star 2.

Samsung disebut mempercepat produksi komponen Galaxy S9, sebelum memulai pengembangan skala penuh. Jika semua itu berjalan lancar, kemungkinan besar Galaxy S9 akan mulai diproduksi secepatnya pada akhir tahun ini.

Artinya, Samsung sangat mungkin mengumumkan Galaxy S9 lebih cepat daripada periode kehadiran Galaxy S8 pada tahun ini.

(Tin/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.