Sukses

Begini Cara Mengecek Keaslian MicroSD

Jadi salah satu aksesoris wajib dimiliki ketika membeli gadget, berikut adalah cara mengecek keaslian microSD.

Liputan6.com, Jakarta - Coba sebutkan salah satu aksesori wajib untuk gadget? Sebagian di antara kamu mungkin saja menjawab microSD.

MicroSD banyak digunakan oleh mereka yang merasa memori internal di gadget mereka kurang luas. Dengan demikian, mereka bisa menyimpan lebih banyak files entah itu video, foto, musik, dan sebagainya.

Namun sayang, saat ini di pasaran banyak beredar microSD palsu. Mirip dengan flashdisk palsu; salah satunya, keterangan di kemasan menunjukkan kapasitas sekian GB, tetapi kenyataannya malah jauh lebih kecil, bahkan sering corrupt dan akhirnya malah rusak.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu cara mengecek keaslian microSD. Yuk, simak rangkumannya berikut ini.

1. Penampilan meragukan

Memang kita tidak tidak boleh menilai sesuatu dari penampilan luar, tetapi pepatah ini tidak berlaku untuk microSD.

Sering kali kemasan microSD merek ternama tampak meragukan. Misalnya, informasi di kemasan tidak lengkap, tulisan merek dan kapasitas di fisik microSD buram, dan sebagainya.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Curigai Harga

2. Harga Terlalu Murah

Opsi microSD. (Doc: eBay)

Pernah dengar ungkapan "Ada harga, ada kualitas"? Kalau iya, perlu kamu tahu, ungkapan ini juga berlaku untuk microSD.

Coba kamu periksa harga microSD merek ternama kapasitas 64GB, misalnya. Kamu akan mendapati ketimpangan harga. Ada yang dibanderol di kisaran seratus ribuan, ada pula yang di rentang dua hingga tiga ratus ribuan.

Di sini kamu mesti jeli, sehingga tidak terjebak harga yang terlalu murah karena harga seratus ribuan, sangat tidak wajar untuk microSD 64GB dari merek ternama.

Ketika menemukan microSD semurah itu, kamu bisa mencoba saran yang disebutkan di poin sebelumnya yakni memeriksa penampilan fisik dan kemasan microSD tersebut.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.