Sukses

Situs Web Ini Bantu Buat Password yang Tepat

Kalau kamu sedang bingung mencari password yang tepat, situs web ini dapat membantu kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Keamanan di internet adalah salah satu hal yang sangat vital. Seringkali kejahatan internet (cyber crime) terjadi karena sistem keamanan yang lemah. Misalnya, password yang kita buat.

Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan di internet adalah menggunakan password yang sulit ditebak. Meski password yang sulit tak menjamin 100 persen aman, setidaknya hal ini bakal merepotkan si peretas (hacker).

Kalau kamu sedang bingung mencari password yang tepat, situs web ini dapat membantu kamu. Situs bernama Have I Been Pwned (HIBP) mampu mendeteksi password apa yang belum pernah dipakai di dunia.

Bahkan, kamu bisa mengunduh data sebesar 5GB yang berisikan 306 juta password yang sudah pernah digunakan. 

Situs web ini dikembangkan oleh Troy Hunt, seorang pakar keamanan. Ia membuat HIBP untuk meningkatkan keamanan online individu maupun perusahaan.

Adapun, HIBP didukung oleh National Institute of Standards and Technology (NIST) dan National Cyber Security Centre di Inggris.

Hunt juga menyarankan agar pengguna tidak mengecek keamanan password yang sedang digunakan karena alasan keamanan. Ia khawatir bila ada ahli teknologi yang menyalahgunakannya, password pengguna akan diretas.

Ingin coba? Langsung saja kunjungi tautan ini

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.