Sukses

Ingin Main Gim PS2 di Smartphone Android? Ini Caranya

Yang terpenting, pastikan kamu punya kopi gim PS2 fisik dan harus mengubahnya dalam format ISO terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Akuilah, PlayStation 2 alias PS2 adalah konsol yang sempat melejit pada masanya. Saking populernya, konsol PlayStation generasi kedua besutan Sony ini laris terjual 500 ribu unit di hari pertama penjualannya pada 2000 silam.

Kini, PS2 telah dianggap usang. Setelah PS4 dirilis, Sony menyetop penjualan PS2 pada 2013. Walau demikian, nyatanya banyak gim-gim populer PS2 yang masih dirindukan hingga kini. Bahkan, tak sedikit yang memainkan gim PS2 di smartphone.

Nah, pertanyannya, bagaimana sih cara bermain gim PS2 di smartphone? Apakah ada tool khusus untuk memainkannya? Tentu ada. Pemain bisa menggunakan aplikasi emulator yang ada di Android.

Namun, emulator PS2 belum bisa berfungsi secara sempurna. Pasalnya, emulator membutuhkan smartphone Android dengan spesifikasi tinggi seiring dengan tingginya grafis gim yang dibutuhkan.

Kami pun menyarankan smartphone yang kamu miliki setidaknya punya prosesor octa core dan RAM 2GB untuk bisa memainkan gim PS2 via emulator. Nah, bagaimana caranya? Berikut Tekno Liputan6.com sajikan langkah-langkahnya.

1. Unduh Aplikasi Emulator

Unduh dan instal aplikasi emulator bernama "Play!" lewat tautan ini.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciptakan File ISO dan Pindahkan ke Emulator

 

2. Buat File ISO

Berikutnya, kamu harus menciptakan file dengan format ISO dari gim PS2 orisinil kamu (ya, kamu harus punya kopi orisinal dari gim PS2 yang ingin dimainkan).

Kamu bisa mengolahnya dengan aplikasi bernama Ultra ISO untuk Windows. Atau, jika tidak mau repot, kamu bisa mengunduh file ISO langsung dari internet.

3. Pindahkan File ISO ke Emulator

Nah, barulah kamu bisa memindahkan file PS2 dengan format ISO ke dalam smartphone Android. Kamu bisa memindahkannya dalam direktori file mana saja, bebas.

Setelah itu, kamu buka aplikasi Play! yang baru saja dipasang. Sesaat setelah membuka aplikasi, ia secara otomatis akan mendeteksi file ISO yang telah kamu pindahkan.

Selamat mencoba!

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.