Sukses

Hacker Pegang Data Rahasia Game of Thrones

Sekelompok peretas berhasil mencuri naskah dan membocorkan jalan cerita salah satu seri tersukses milik HBO, Game of Thrones.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang menyebalkan adalah orang memberi tahu jalan cerita film sebelum kita menontonnya. Biasanya, hal ini disebut spoiler.

Spoiler menjadi masalah karena bisa merusak rasa penasaran dan ekspektasi kita. Sekarang, bayangkan jika sekelompok peretas berhasil mencuri naskah dan membocorkan jalan cerita film yang belum rilis.

Hal ini terjadi pada salah satu film seri tersukses, Game of Thrones. Hal ini terungkap melalui email anonim yang dikirim pada wartawan hiburan. Tidak main-main, diperkirakan data sebesar 1,5 Terabyte (TB) diretas.

Alan Silberberg, pengamat keamanan siber dari Digijaks, mengatakan bahwa serangan sebesar ini perlu perencanaan dan usaha besar. Ia menambahkan, HBO perlu melihat cara mengolah dan mengirim data.

Tidak hanya Game of Thrones, sebelumnya Sony pernah kecolongan data ratusan terabyte. Pada April 2017, Netflix menerima ancaman dari peretas yang akan merilis episode baru Orange Is the New Black.

Andrew Wallenstein, kepala editor situs Variety mengatakan bahwa HBO dan perusahaan lain harus meningkatkan keamanan karena hacker akan berusaha lebih keras. Hal ini perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi pendapatan perusahaan.

(Theofilus Ifan Sucipto/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.