Sukses

Ini Cara Screenshot di Windows tanpa Microsoft Paint

Dengan hilangnya Microsoft Paint, bagaimana cara melakukan screenshot di Windows?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menutup usia Microsoft Paint. Biasanya, program ini digunakan untuk menggambar doodle atau sekadar mewarnai.

Fungsi lain Microsoft Paint adalah menaruh, mengedit, dan menyimpan hasil screenshot. Dengan hilangnya Microsoft Paint, bagaimana cara melakukan screenshot di Windows?

Adalah Snipping Tool, sebuah program yang tidak begitu populer, namun cukup berguna. Program ini pertama kali hadir tahun 2002, saat Microsoft merilis sejumlah aplikasi tambahan untuk Windows XP, termasuk Snipping Tool.

Dikutip dari laman Mashable, Selasa (1/8/2017), kamu  hanya perlu mengetik “Snip” di Start Menu Windows. Voila, Snipping Tool muncul di hasil pencarian. Dengan lima opsi modus, cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah.

Kamu hanya perlu menggunakan Ctrl+PrtScrn untuk melakukan screenshot. Saat Snipping Tool dibuka, hasil foto akan otomatis muncul.

Ada beberapa tool mengedit yang tersedia seperti pen tool dan eraser. Jika sudah, kamu bisa menyimpannya dalam format PNG, GIF, JPEG, HTML, dan email. Mudah bukan?

(Theofilus Ifan Sucipto/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.