Sukses

Pembaruan Aplikasi Foto Windows 10 Jadi Mirip Punya Apple

Microsoft memperbarui aplikasi foto dengan menambahkan teknologi kecerdasan buatan yang mirip dengan milik Apple

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dilaporkan tengah mengerjakan pembaruan aplikasi foto pada Windows 10. Perusahaan bermarkas di Redmond, Washington DC, AS itu tampaknya menyematkan berbagai fitur yang terinspirasi dari produk Apple dan Google.

Mengutip Softpedia, Senin (31/7/2017), Microsoft kini sedang menguji coba fitur pencarian pintar yang mengandalkan kecerdasan buatan. Dalam hal ini, kecerdasan buatan digunakan untuk mengidentifikasi orang dan benda yang muncul di foto.

Dengan demikian, secara otomatis aplikasi foto milik Microsoft bisa memfilter foto berdasarkan wajah, bulan, warna, dan berbagai benda.

Fitur seperti ini sebenarnya sudah lebih dulu hadir pada aplikasi-aplikasi foto milik platform lain, seperti Apple dan Google. Sementara Microsoft baru mencoba menghadirkannya.

Aplikasi ini pada Windows 10 sejauh ini memang berada di belakang aplikasi milik platform lainnya. Meski begitu, perusahaan tetap mengembangkannya dan berupaya membuatnya lebih baik.

Dengan pembaruan ini, aplikasi ini akan bergantung pada teknologi kecerdasan buatan. Namun disebutkan Microsoft tak akan menggunakan penyimpanan berbasis komputasi awan untuk fitur tersebut.

Aplikasi ini diperkirakan memiliki fitur pendeteksi wajah yang secara otomatis akan mengenali wajah seseorang dan mengelompokkannya untuk tiap individu.

Fitur semacam ini sebelumnya sudah diperkenalkan Apple pada iOS bagi pengguna iPhone. Aplikasi ini juga akan membuat label untuk gambar yang terdeteksi oleh fitur pencari otomatis.

(Tin/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.