Sukses

5 Trik Bikin iPhone Kamu Makin Asyik Dipakai

Ada lima fitur tersembunyi yang belum diketahui sejumlah pengguna, yang bisa membuat iPhone lebih menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Harus diakui, kehadiran smartphone membuat kehidupan menjadi lebih mudah. Namun sayangnya, belum semua pengguna memanfaatkan smartphone dengan maksimal karena ada sejumlah fitur tersembunyi yang menarik dan belum diketahui.

Saat ini sejumlah pengguna smartphone hanya menggunakannya untuk berkomunikasi dan bermain gim. Padahal, penggunaan smartphone bisa menjadi makin seru jika kita dapat memaksimalkan semua fitur yang ada.

Nah, bagi penguna smartphone berbasis sistem operasi (OS) iOS, di iPhone ada lima fitur tersembunyi yang wajib dicoba. Berikut ringkasannya seperti dilansir T3, Senin (17/7/2017).

1. Tebak lagu dengan Siri

Asisten virtual Siri merupakan salah satu fitur menarik yang harus dicoba oleh para pengguna iPhone. Siri tidak hanya bisa mempermudah pengguna untuk menelepon dan mengirim pesan singkat.

Salah satu fungsi Siri yang belum begitu banyak diketahui adalah bisa menebak judul lagu dengan cepat. Ketika pengguna sedang mendengarkan sebuah lagu dan penasaran dengan judulnya, maka mintalah bantuan Siri.

Berikan perintah suara "what song is this?", lalu Siri akan meminta waktu sebentar untuk mendengarkan lagu yang dimaksud. Tak lama kemudian, asisten virtual tersebut akan memberi tahu penyanyi dan judul lagunya.

2. Menonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth dengan mudah

"Sihir" Siri yang lain adalah bisa membantu pengguna menonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth. Cara kerjanya pun sama, yaitu cukup mengandalkan perintah suara.

Akses fitur Siri, kemudian katakan "turn off Wi-Fi". Kemudian Wi-Fi akan otomatis dinonaktifkan. Cara yang sama juga berlaku dengan Bluetooth.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengisian daya baterai hingga cara memotret

Apa yang menjadi alasah iPhone mati tiba-tiba? (Doc: iMore)

3. Percepat pengisian daya baterai dengan Airplane

Sama seperti orang lain, pengguna iPhone pasti ingin proses pengisian daya baterai berjalan lebih cepat. Cara singkatnya adalah mengaktifkan mode Airplane.

Ketika mode Airplane diaktifkan, maka daya tahan baterai akan bertahan lebih lama dan membuat proses pengisiannya lebih cepat. Selain iPhone, trik ini pun berlaku untuk smartphone dengan platform lain termasuk Android.

4. Menghentikan musik secara otomatis

Salah satu kebiasaan sejumlah pengguna smartphone adalah mendengarkan musik ketika ingin tidur. Sehingga tak jarang musik terus terdengar meski penggunanya telah tertidur.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pengguna iPhone bisa memanfaatkan aplikasi Clock. Caranya, buka aplikasi "Clock" dan pilih "Timer". Lalu pengguna akan melihat opsi "When Timer Ends", lalu pilih "Stop Playing". Nantinya, musik akan berhenti secara otomatis setelah waktu yang ditentukan di Timer selesai.

5. Cara cepat memotret

Pengguna iPhone sebenarnya bisa mengambil gambar tanpa harus menyentuh tombol virtual pada aplikasi kamera. Hal ini karena pengguna bisa menggunakan tombol suara yang ada di sisi kiri iPhone.

Selain iPhone, fungsi yang sama juga ada pada platform lain, yaitu Android dan Windows.

Selamat mencoba!

(Din/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.