Sukses

Beranjak dari Pegawai Toko, Pria Ini Sekarang Jadi Vlogger Beken

LinusTechTips adalah salah satu channel terpopuler di YouTube. Meski kini sukses, ia memulai kariernya sebagai vlogger dari nol.

Liputan6.com, California - Beberapa di antara kamu yang suka menonton vlog (video blog) teknologi mungkin sudah tak asing mendengar nama LinusTechTips.

Ya, pria ini adalah vlogger kondang yang piawai dengan perangkat teknologi ulasannya. Namun, tahukah kamu LinusTechTips punya kisah menarik sebelum ia bisa sukses seperti sekarang?

Pria bernama asli Linus Sebastian ini, sebelumnya cuma seorang pegawai toko komputer bernama NCIX. Ia tak menyangka, jalan hidupnya berubah total saat memutuskan untuk menjadi seorang vlogger.

Di NCIX, pria Kanada berusia 30 tahun ini bekerja sebagai Category Manager. Saat itu, ia mendapat tugas baru untuk memandu acara ulasan perangkat teknologi di YouTube. Meski cuma mengulas, bebannya cukup berat. Pasalnya, Linus memiliki perangkat yang terbatas.

Saat itu, Linus menggunakan kamera yang ia pinjam dari anak bosnya di NCIX. Video pertama yang ia unggah adalah ulasan heatsink prosesor Sunbeam.

Sayangnya, popularitas akun NCIX tidak berkembang karena terlalu tingginya biaya produksi. Alhasil, Linus memutuskan membuat channel baru LinusTechTips pada November 2008. Waktu itu, biaya produksi videonya cukup murah, sehingga Linus tidak ambil pusing saat menggarap video ulasannya.

Selang lima tahun kemudian, tepatnya Januari 2013, Linus akhirnya mengundurkan diri dari NCIX. Ketika itu, karier Linus di perusahaan tersebut bisa dibilang sangat gemilang. Ia dinobatkan sebagai salah satu karyawan yang mampu menjual sistem komputer kelas atas paling tinggi di NCIX. Linus bahkan dipromosikan menjadi Channel Manager.

Setelah resign, Linus bersama empat rekannya mendirikan Linus Media Group, perusahaan yang ada di balik akun LinusTechTips.

Keputusannya untuk fokus menjadi vlogger tentu sudah dipikir matang-matang. Linus mengaku, ia sering tidak bisa tidur karena memikirkan cara untuk menghidupi keluarganya dan membayar gaji karyawan. Modalnya memang sedikit, oleh karena itu, sayang rasanya jika channel LinusTechTips tidak diteruskan.

Setelah bekerja keras, akun LinusTechTips akhirnya mendapat sorotan. Kesuksesan tak berhenti di situ, LinusTechTips bahkan dinobatkan menjadi salah satu channel dengan pemasukan terbesar, yakni US$ 1,5 juta atau setara dengan Rp 20 miliar. Channel lain besutannya, seperti Techquickie dan Channel Super Fun juga tak kalah populer.

Ketiga channel tersebut juga masuk ke daftar lima besar channel YouTube di kategori Sains dan Teknologi dengan jumlah penonton terbanyak. Subscriber-nya, jika dihitung-hitung dari ketiganya sudah mencapai enam juta.


Saat ini, sudah ada 3.685 video yang diunggah LinusTechTips. Tak cuma ulasan, ada video lain seperti panduan perakitan komputer, demonstrasi perangat, dan masih banyak lagi. *

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.