Sukses

Foxconn Rogoh Rp 65 Triliun Bangun Pabrik di India

Pembangunan pabrik ini menyusul kebijakan TKDN 10 persen di India bagi ponsel impor, termasuk memberdayakan produksi lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kandas membangun pabrik di Indonesia, Foxconn pun segera memutar haluan. Raksasa manufaktur ini akan membangun pabrik di Indonesia dengan investasi sekitar US$ 4,9 miliar atau Rp 65 triliun. 

Seperti dikutip Telecom Asia, Jumat (7/7/2017), pembangunan pabrik ini juga merupakan jawaban legislatif India atas upaya memberdayakan manufaktur dalam negeri.

Tak jauh berbeda dengan Indonesia, pemerintah India juga yang menerapkan kewajiban Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 10 persen pada ponsel dan aksesori impor.

TKDN ini berlaku dua tahun setelah pemerintah mengumumkan pemberlakuan insentif bagi perusahaan yang memproduksi ponsel di dalam negeri.

Rencananya, Foxconn akan memperbesar skala produksi di sana, seperti membuka pabrik baru hingga mengekspansi kapasitas pabrik existing.

Menurut laporan, India saat ini memiliki kapasitas untuk memproduksi untuk 4 juta ponsel per bulan, seperti Xiaomi, Oppo, hingga Nokia.

(Cas/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.