Sukses

Perusahaan Tiongkok Garap Kamera 360 Derajat Berukuran Mini

Perusahaan Tiongkok ini menggarap kamera 360 derajat berukuran mini yang bisa diintegrasikan dengan smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Kamera 360 derajat biasanya memiliki ukuran kecil dan bisa digunakan secara mandiri. Kini sebuah perusahaan Tiongkok menggarap kamera 360 derajat yang bisa diintegrasikan dengan smartphone.

Mengutip laman Phone Arena, Minggu (2/7/2017), perusahaan Tiongkok bernama ProTruly itu sebelumnya sudah memproduksi smartphone dengan bentuk aneh dan terintegrasi ke kamera 360 derajat. ProTruly memperkenalkan smartphone itu Desember 2016 lalu.

Saat ini kamera 360 derajat berukuran kecil tersebut dipasok oleh HT Optical, perusahaan yang telah memperdagangkan merek kamera Sony, Olympus, serta memasok komponen kamera Xiaomi.

Dalam sebuah acara pada ajang Mobile World Congress 2017 Shanghai, Tiongkok, Vice President HT Optical Shu Junfeng menunjukkan kamera 360 derajat berukuran mini yang kemungkinan akan cocok digunakan pada smartphone dengan ketebalan 7,6mm.

Sekadar informasi, kamera 360 derajat yang ditunjukkan oleh Junfeng itu bisa diintegrasikan dengan perangkat iPhone 7 Plus yang memiliki ketebalan 7,3mm. Selain itu, kamera 360 derajat mini itu bisa juga ditempatkan di handset yang lebih tebal seperti Galaxy S8 dan S8 Plus (masing-masing memiliki ketebalan 8mm dan 8,1mm).

Yang juga menyenangkan dari kamera 360 derajat itu adalah perangkat tersebut mampu menangkap gambar diam dengan resolusi 16MP. Selain itu, kamera itu juga menawarkan zoom yang mengesankan dan hanya menambah ketebalan perangkat sebesar 1mm saja.

Kamera 360 derajat tersebut juga diklaim mampu merekam video beresolusi 4K yang setara dengan Gear 360 milik Samsung yang punya resolusi 15MP.

Sementara itu, smartphone Protuly juga memiliki kamera 360 derajat dengan resolusi 4K dan kemungkinan akan dirilis di Tiongkok pada 30 Juli mendatang. Sayangnya saat ini disebutkan bahwa perangkat tersebut tak akan masuk ke pasar barat dan hanya ditujukan untuk pembeli kalangan atas. Saat ini perangkat smartphone dengan kamera 360 derajat itu dijual mulai dari US$ 500-800.

Di sisi lain, kamera 360 derajat yang ditawarkan oleh HT Optical bisa jadi akan tersedia di smartphone terkenal pada masa yang akan datang. Dengan begitu, bentuknya pun akan lebih baik lagi.

(Tin/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.