Sukses

Drone Canggih Ini Bisa Bantu Selamatkan Nyawa Orang

Startup di Swedia mengembangkan sebuah drone yang mampu menolong nyawa orang yang menderita serangan jantung.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi drone kini bukan hal baru. Pesawat nirawak itu biasanya dipakai oleh kalangan penyuka drone maupun fotografer untuk mengambil gambar dari udara.

Tak cuma dipakai oleh kalangan di atas, drone juga digunakan untuk berbagai tugas penting, misalnya saja upaya pencarian dan penyelamatan korban di lokasi terpencil, mengirimkan paket, menemukan dan mengangkat kotoran anjing, dan untuk mengirimkan sampel medis.

Baru-baru ini, startup Swedia bernama FlyPulse siap untuk merilis pesawat nirawak darurat yang bisa membantu menyelamatkan nyawa seseorang yang terkena serangan jantung.

Mengutip laporan BGR, Senin (17/6/2017), drone bernama FlyPlus LifeDrone-AED ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan empat buah baling-baling (quadcopter). Drone ini membawa sebuah defibrilator eksternal otomatis.

Saat mendapat laporan bahwa ada korban serangan jantung, drone ini dirancang untuk diterbangkan ke lokasi korban. Dengan LifeDrone-AED ini, penyelamatan bisa dilakukan beberapa menit lebih cepat sebab drone memiliki kecepatan hingga 70km/ per jam dan jarak tempuh maksimal 15km.

Startup ini memilih menghadirkan drone untuk tujuan penyelamatan nyawa orang, lantaran tiap tahun setidaknya 10 ribu orang di Swedia mengalami serangan jantung di luar rumah sakit.

"Dari jumlah tersebut, 500 orang berhasil selamat. Faktor penting yang membuatnya selamat adalah kecepatan waktu penanganan, dalam hal ini singkatnya waktu antara berhentinya kinerja jantung dan proses defibrilasi pasien," demikian tertulis dalam laman FlyPulse.

Disebutkan pula, LifeDrone ini memiliki jangkauan hampir 10 mil dan bisa dibilang cukup mengesankan, karena muatannya bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Drone ini bekerja dengan sistem alarm dan perangkat lunak yang juga dikembangkan FlyPulse dan bisa dipasang di mana saja.

Terkait dengan manfaat drone ini pada wilayah sekitarnya, berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan Journal of the American Medical Association, LifeDrone mampu tiba di lokasi yang masih dalam jangkauannya empat kali lebih cepat dibandingkan dengan sebuah ambulans.

"Bagi orang yang mengalami serangan jantung, setiap detiknya merupakan waktu yang berharga," demikian tertulis dalam laman FlyPulse.

(Tin/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gagal jantung merupakan ketidakmampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh jaringan tubuh dengan baik.

    Gagal Jantung

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung

  • Drone